5 Rekor Luar Biasa yang Tercipta di Premier League

Terkenal sebagai liga kompetitif di dunia, Premier League menciptakan rekor-rekor luar biasa. Dilansir dari Give Me Sport, berikut 5 deretan catatan fantastis yang sempat terjadi di Premier League, mulai dari Arsenal yang tidak terkalahkan musim 2003-04 hingga penampilan kiper Brad Friedel dari 2004 sampai 2012.
1. Brad Friedel tampil di 310 pertandingan beruntun
Kiper veteran asal Amerika Serikat itu mulai bermain di Premier League musim 1997 bersama Liverpool. Friedel telah tampil di 310 pertandingan beruntun di Premier League. Selama 16 tahun berkiprah di Inggris, Friedel telah memperkuat empat tim berbeda yakni Liverpool, Blackburn Rovers, Aston Villa dan Tottenham.

Hebatnya lagi, kiper 42 tahun itu tidak mengalami cedera selama delapan tahun. Namun sejak memperkuat Tottenham Hotspur pada 2011, posisi Friedel mulai tergantikan dari dari tim utama Tottenham. Dia kalah bersaing dengan kiper asal Prancis, Hugo Lloris.

2. Arsenal raih 13 kemenangan berturut-turut
Meski delapan tahun tanpa raihan gelar, Arsenal sempat mengukir rekor gemilang dengan merebut gelar Premier League musim 2003-14. Catatan tersebut mengantarkan The Gunners memetik gelar Premier League tanpa terkalahkan.
Di musim 2001-02, Arsenal berhasil meraih 13 kemenangan beruntun. Arsenal hampir mematahkan rekornya sendiri di musim selanjutnya. Namun tim Ibukota Inggris itu gagal melakukannya setelah bermain imbang 2-2 melawan West Ham di Upton Park.
Catatan rekor tidak terkalahkan Arsenal di ajang Premier League pernah sempat ditorehkan Manchester United (Divisi Dua 1904-05), Bristol City (Divisi Dua 1905-06) dan Preston North Enda (Divisi Dua 1950-51).

3. Chelsea tidak terkalahkan dalam 86 laga di Stamford Bridge
Di bawah kepelatihan Claudio Raniero sejak Februari 2004, Chelsea tidak terkalahkan dalam 86 partai di Stamford Bridge. Catatan itu berlangsung selama empat setengah tahun. Rapor bagus itu putus di tangan pelatih Luis Felipe Scolari saat Chelsea dikalahkan Liverpool dengan skor 0-1 pada Oktober 2008.
Jose Mourinho yang kini kembali melatih Chelsea, merupakan pelatih yang mampu membawa The Blues memetik 60 kemenangan dari 86 pertandingan itu. Untuk rekor pribadi, Mourinho meraih kemenangan di 150 laga selama lebih dari sembilan tahun bersama 4 klub berbeda.

4. Fowler cetak hattrick dalam 4 menit
Mantan striker Liverpool, Robbie Fowler sampai saat ini masih memegang rekor sebagai pencetak hattrick tercepat di Premier League. Bomber asal Inggris itu mencetak tiga gol hanya dalam kurun waktu 4 menit 33 detik saat menghadapi Arsenal pada 28 Agustus 1994. Fowler menuliskan sejarah itu di usianya yang masih 19 tahun.
Penyerang Inggris lainnya, Jermain Defoe juga sempat mencetak hattrick kurang dari 10 menit. Namun, Defoe kalah cepat dari Fowler. Penyerang mungil itu mencetak hattrick dalam waktu 7 menit. Praktis, rekor Fowler belum terpatahkan hingga kini dan masih bertahan sampai 19 tahun.

5. Edwin Van der Sar tidak keboblan dalam 1.311 menit
Kiper legendaris Manchester United (MU), Edwin Van Der Sar meninggalkan rekor yang tidak tertandingi sampai saat ini. Penjaga gawang MU itu mampu menjaga clean-sheet (tidak kebobolan) dalam 1.311 menit atau 14 pertandingan beruntun. Catatan impresif ini terjadi di musim 2008-09.
Sayangnya, catatan manis tersebut patah sembilan menit setelah kick-off saat Van Der Sar gagal menahan tendangan Peter Lovenkrands saat MU menghadapi Newcastle United. Loverands berhasil menyambar bola rebound yang gagal diantisipasi dengan baik oleh Van Der Sar.

















0 komentar:

Post a Comment

Pengunjung yang baik akan selalu meninggalkan komentar.