6 Tips Agar Anak Selalu Bersyukur


Orang tua sangat berperan penting terhadap tumbuh kembang anaknya. Orang tua yang selalu memanjakan anaknya akan membuat anak menjadi egois dan selalu tidak puas. Lalu apa yang harus orang tua lakukan agar anak selalu bersyukur? Dikutip dari sheknows.com, berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan agar anak selalu bersyukur.

1. Mulai saat anak masih kecil
Sejak balita, Anda bisa mengajarkan anak untuk bersyukur, yakni dengan tidak selalu memberikan apa yang mereka inginkan. Boleh saja Anda memberikan barang yang bagus untuk anak, tetapi jangan selalu memberikan barang yang diinginkan anak, karena anak akan memiliki rasa keinginan yang tinggi sehingga mereka tidak cepat puas.

2. Terapkan kebiasaan "Dapat satu, beri satu"
 Jika Anda memberikan satu mainan, pakaian, atau barang lainnya ke anak, maka ajarkan anak untuk melepas satu barang yang ia miliki kepada orang lain. Menyumbang barang kepada orang lain yang membutuhkan atau kurang beruntung adalah cara yang baik untuk mengajarkan anak rasa bersyukur.

3.  Menjadi relawan keluarga
Berbicara mengenai orang yang kurang beruntung, sangat baik jika anak Anda  belajar menjadi seorang relawan. Menjadi sukarelawan dalam keluarga adalah cara yang baik untuk mengeratkan hubungan antar keluarga, dan juga menolong orang lain.

4.  Membuat kartu ucapan terima kasih
Pada saat anak anda mulai bisa menulis (atau bahkan belum), biasakan kepada mereka untuk membuat kartu ucapan terima kasih untuk setiap hadiah yang mereka terima, tanpa memikirkan seberapa nilai hadiah tersebut. Cara sederhana tersebut dapat membantu anak selalu bersyukur sepanjang hidup mereka.

5.  Tekankan bukan pada hadiah materi
Ketika ada acara-acara khusus, seperti ulah tahun, tekankan kepada anak tentang kesenangan dan kebersamaan dalam merayakannya bukan tentang mendapatkan hadiah ulang tahun.

6.  Praktikkan apa yang Anda perintahkan
Anak Anda melihat Anda lebih dari siapa pun. Mereka akan menirukan apa yang Anda lakukan. Jika Anda menginginkan anak Anda untuk selalu bersyukur maka Anda harus melakukan hal yang sama sebelumnya. Anda bisa bercerita tentang semua yang Anda miliki di dunia ini harus disyukuri.
 
















0 komentar:

Post a Comment

Pengunjung yang baik akan selalu meninggalkan komentar.