paytrenmillionaire.com

Ranking FIFA Saat Lebaran, Indonesia Stagnan

Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA) merilis peringkat tim-tim nasional negara-negara anggotanya di seluruh dunia bersamaan hari Lebaran, Kamis (08/08/2013) ini. Posisi tim nasional Indonesia stagnan pada peringkat bawah, bahkan menurun satu peringkat dibanding bulan sebelumnya.

Dalam ranking FIFA yang dirilis melalui situs resmi FIFA (www.fifa.com), Kamis (08/08/2013), Indonesia berada di peringkat ke-169 dari 209 negara anggota FIFA. Posisi itu menurun dari bulan Juli lalu, saat tim Merah-Putih berperingkat ke-168. Posisi tersebut hanya satu strip di atas peringkat terburuk sepanjang sejarah persepakbolaan nasional (170) selama tiga bulan, April hingga Juni lalu. 

Dengan peringkat ke-169 tersebut, Indonesia bukan hanya di bawah negara-negara ASEAN lainnya, seperti Thailand (peringkat ke-137), Filipina (141), Singapura (155), Vietnam (156), Malaysia (162), dan Myanmar (165). Indonesia  -- negeri berpenduduk sekitar 240 juta --  juga hanya terpaut sedikit di atas negara-negara kecil Asia, seperti Nepal (170) dan Laos (172).

Sepanjang bulan Juli lalu, para pemain timnas Indonesia -- bukan dengan nama timnas -- sebenarnya melakoni sejumlah pertandingan uji coba melawan klub-klub Inggris, yakni Arsenal, Liverpool, dan Chelsea. Mereka menelan kekalahan pada tiga laga tersebut. Laga-laga uji coba itu tidak diperhitungkan dalam penentuan poin pemeringkatan ranking FIFA.

Terakhir, timnas Indonesia menjalani uji coba resmi pada 7 Juni lalu, saat kalah 0-3 dari timnas Belanda di Jakarta. Skuad asuhan Pelatih Jacksen F Tiago dijadwalkan menjamu Filipina dalam laga uji coba di Stadion Manahan, Solo, Rabu mendatang. Laga itu merupakan bagian persiapan tim Merah-Putih sebelum menjamu China pada laga kualifikasi Piala Asia 2015 di Jakarta, 15 Oktober mendatang.

Indonesia saat ini juru kunci klasemen Grup C di bawah Arab Saudi, China, dan Irak. Itu setelah mereka kalah 0-1 dari Irak dan 1-2 dari Arab Saudi.

0 komentar:

Post a Comment

Pengunjung yang baik akan selalu meninggalkan komentar.