Pengertian Android




Dewasa ini  selain Blackberry OS Android begitu mendunia. Sistem operasi ini begitu populer dan dipakai merk handpone ternama. Lihatlah Samsung yang begitu menggebu-gebu mempopulerkan sistem operasi ini. Sehingga Android begitu populer di seantero jagad. Berikut ini pengertian dan Fungsi Android.

Pengertian dan Fungsi Android

Pengertian Android sendiri adalah sistem operasi berbasis Linux yang dipergunakan sebagai pengelola sumber daya perangkat keras, baik untuk ponsel, smartphone dan juga PC tablet. Secara umum Android adalah platform yang terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh berbagai piranti bergerak.

Semenjak kehadirannya pada 9 Maret 2009, Android telah hadir dengan versi 1.1, yaitu sistem operasi yang sudah dilengkapi dengan pembaruan estetis pada apalikasinya, seperti jam alrm, voice search, pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

Hingga tahun 2012, Android telah berkembang dengan pesat. Dalam kurun 3 tahun Android telah diproduksi dalam versi, dan versi terakhir yang diproduksi disebut sebagai Android versi 4.1 atau Android Jelly Bean.

Android dan Google Inc

Perkembangan Android yang semakin pesat sebagai sistem operasi populer untuk beragam perangkat bergerak juga tidak terlepas dari campur tangan Google Inc., dimana semenjak tahun 2007, Google secara resmi telah membeli lisensi Android Inc, dan sekaligus memproklamirkan Android sebagai piranti lunak untuk ponsel. Dalam pengembangan Android pada saat itu dibentuklah Open Handset Alliance, yaitu konsorium dari 34 persuahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk diantaranya adalah Google, Intel, Qualcomm, T-Mobile, HTC, dan NVidia.

Sampai saat ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama, yaitu yang mendapat dukungan penuh dari GOogle atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar-benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung dari Google. Jenis Android ini dikenal juga sebagai Open Handset Distribution (OHD).

0 komentar:

Post a Comment

Pengunjung yang baik akan selalu meninggalkan komentar.