paytrenmillionaire.com

Pengertian Sistem Operasi Blackberry


Blackberry sendiri awalnya ditujukan untuk kalangan bisnis yang selalu tidak pernah lepas dari layanan email maupun personal messaging untuk keperluan kerjanya menggunakan layanan BIS / BES nya, namun sekarang bergeserlah fungsi blackberry tersebut menjadi sebuah alat komunikasi yang bisa digunakan untuk siapa saja, bahkan hanya untuk keperluan telepon dan sms.
Ketika bicara mengenai sebuah ponsel pintar, pasti tidak lepas dari yang namanya sebuah sistem operasi.

Gampangnya pengertian sistem operasi itu adalah perantara antara hardware yang ada dengan aplikasi yang akan digunakan.

Apple dengan iOS nya, Nokia dengan Symbian nya (atau sekarang katanya sedang mengembangkan Windows Mobile), Samsung dengan BADA nya, Google dengan Android nya, dan lain sebagainya.

Blackberry pun menggunakan sistem operasi, yang biasa disebut Blackberry OS.
Perkembangannya cukup pesat, update nya pun tergolong cepat.
Untuk lebih detail mengenai perkembangan maupun update dari OS Blackberry ini bisa merujuk kepada halaman wikipedia ini.

Blackberry OS memungkinkan kita sebagai pengguna memodifikasi OS yang ada, sehingga munculah sebutan “Hybrid/Leaked OS” yaitu OS yang sudah dimodifikasi oleh sebuah komunitas (atau bisa juga personal) & juga OS yang dikeluarkan secara resmi dari provider yang dikenal dengan sebutan “Official OS”. Lalu mana yang lebih baik? Menggunakan OS yang Offcial atau yg Hybrid / Leaked?
Ternyata tidak semua OS baik yang Official maupun yang Hybrid/Leaked itu cocok dengan Blackberry yang kita gunakan.

Saya baru tahu ternyata OS juga cocok-cocokan loh klo katanya . Kadang ada handset yang cocok dengan OS Official, kadang ada juga OS yang cocok dengan OS Leaked/Hybrid. Karena OS rilisan yang sama belum tentu baik untuk handset dengan tipe yang sama. Bahkan OS terbarupun tidak menjamin lebih baik daripada versi OS yang sebelumnya, bahkan yang official sekalipun.
Indikatornya sebuah Blackberry cocok menggunakan OS tersebut adalah dengan melakukan pengamatan pada sisa memory default ketika baru selesai menginstall (semakin besar semakin baik, ketahanan battery (standard nya charge battery Blackberry adalah 1 hari sekali) kemampuan menangkap sinyal, koneksi ke jaringan (Mobile Network, Wifi dan juga koneksi bluetooth), dan lain sebagainya.
Ada baiknya juga melakukan test semua fungsi Blackberry setelah kita Upgrade OS, dengan cara:
Masuk ke menu Options – Status, ketik T E S T, lalu silahkan pilih test apa saja yang ingin dilakukan (sebaiknya dipilih semua).
Jika test sudah selesai dijalankan semua dan tanpa kendala apapun, artinya… selamat menempuh hari-hari dengan pasangan OS baru yang cocok untuk Blackberry mu.

0 komentar:

Post a Comment

Pengunjung yang baik akan selalu meninggalkan komentar.