Biografi Pembalap MotoGP Marco Simoncelli


Menyusul tewasnya Marco Simoncelli saya mencoba menulis biografinya sebagai pengingat talenta luar biasanya.  Untuk mengenang pembalap GP flamboyan Marco Simoncelli kali ini saya akan menulis tentang biografinya. Marco Simoncelli mengawali karirnya di dunia balap motor profesional, ketika ia menginjak usia 9 tahun di ajang Italian Minimoto Championship. Tahun 2001 ia pun hengkang ke ajang European 125cc dan mengamankan titel juara di tahun 2002. 

Sejak  tahun 2002 inilah, ia kemudian memulai karirnya di ajang Grand Prix. Selama tiga tahun ia di kelas GP125cc, namun ia hanya mampu meraih hasil terbaik di posisi kelima pada tahun 2005. Sementara di kelas GP250cc, ia menjadi satu-satunya pembalap tim Gilera yang mampu menunjukkan hasil terbaik di ajang ini. Yaitu menjadi juara dunia di tahun 2008. 

Hasil ini membuat tim Honda Gresini tertarik untuk merekrutnya di ajang MotoGP pada tahun 2010 lalu. Ia pun mampu memperlihatkan hasil yang bagus sebagai pembalap rookie. Hasil terbaik yang bisa ditorehkan oleh pembalap asal Italia itu, adalah posisi keempat di MotoGP Portugal 2010. 

Karena memiliki potensi besar untuk menjadi penantang pembalap papan atas pada tahun 2011, Simoncelli pun mendapat dukungan penuh dari tim pabrikan untuk musim 2011. 

Data lengkap Marco Simoncelli : 
-    Nama lengkap : Marco Simoncelli 
-    Kebangsaan : Italia 
-    Tempat dan tanggal lahir : Cattolica, 20 Januari 1987 
-    Tim saat ini : Gresini Honda 
-    Nomor motor : 58 
-    Jumlah seri GP : 132 
-    Jumlah kemenangan GP : 14 
-    Juara dunia GP : 1 kali di GP250cc tahun 2008 

Marco simoncelli meninggal dunia pada pertandingan balap di lap kedua MotoGP di sirkuit sepang Malaysia karena kecelakaan pada 23 Oktober 2011. Demikian biografi ini semoga bermanfaat bagi pembaca.

0 komentar:

Post a Comment

Pengunjung yang baik akan selalu meninggalkan komentar.