5 Aplikasi Android Sambut Pemilu 2014

 

Menyambut ajang pemilihan umum 9 April 2014, sejumlah pengembang aplikasi lokal menelurkan aplikasi-aplikasi yang bertemakan Pemilu. Alih-alih mengunjungi situs Komisi Pemilihan Umum yang tidak mudah digunakan dengan tampilan yang cukup buruk, informasi pemilihan umum akan lebih mudah didapatkan melalui aplikasi mobile yang lebih terfokus. Kami mengumpulkan lima aplikasi Android yang dapat Anda unduh untuk mengetahui informasi seputar Pemilu 2014.

Game Pemilu 2014 (GitsMedia)
Mensosialisasikan Pemilu bisa dengan banyak cara, salah satunya yaitu dengan permainan. Dengan harapan menjangkau pemilih muda, pengembang lokal GitsMedia bekerja sama dengan STMIK STIKOM Yogyakarta merilis Game Pemilu 2014. Tampil dengan animasi warna warni, aplikasi ini menawarkan permainan sederhana serta informasi seluk beluk Pemilu 2014 mulai dari partai peserta hingga calon presiden.

Dalam permainan, pengguna bisa memainkan tiga judul yang tersedia di dalamnya seperti "Kenali Wakil Rakyat", "Cari dan Sumbang Dana", serta "Ikuti Kampanye". Ketiga permainan ini memiliki tipikal permainan yang mirip dengan judul-judul mobile game populer, namun saja tema yang diusung tentu seputar Pemilu 2014. Secara keseluruhan permainan dari aplikasi Game Pemilu 2014 cukup menarik, namun satu hal yang disayangkan ketika mencari profil partai peserta, aplikasi rupanya mengarahkan pengguna ke shortcut website resmi partai yang dimaksud.

Pemilu (ThinkWorld)
Sempat kami ulas beberapa waktu lalu, aplikasi Pemilu buatan ThinkWorld menjadi salah satu aplikasi Pemilu 2014 dengan informasi yang cukup lengkap dan dibutuhkan oleh jutaan pemilih. Disajikan dengan tampilan antarmuka yang ramah, pengguna bisa menjelajah informasi Pemilu 2014 lengkap dan memeriksa Daftar Pemilih Tetap (DPT) secara cepat.
Dalam aplikasi Pemilu, segala informasi dapat diakses melalui sidebar kiri dengan kategori menu seperti; jadwal pemilu, profil partai, profil calon legislatif, profil calon presiden, pengecekan DPT, informasi umum pemilu, serta polling pengguna. Selain itu, pengguna juga bisa memantau berita terbaru seputar Pemilu 2014 yang dikumpulkan dari banyak media.

VIVA Pemilu (VivaNews)
Aplikasi ini tentunya dihadirkan oleh grup media Viva yang notabene dimiliki oleh grup Bakrie. Viva Pemilu menawarkan informasi berita terbaru seputar Pemilu 2014 yang berasal dari portal berita Viva News.
Menariknya, berita yang disajikan dikurasi dengan tiga kategori yang dapat dipilih yakni berita umum seputar Pemilu 2014, Bursa Presiden 2014, dan juga kategori Hot Caleg. Selain berita, aplikasi Viva Pemilu juga menghadirkan informasi profil peserta Pemilu 2014. Walau dimiliki oleh grup Bakrie, aplikasi ini nyatanya tidak (belum) memiliki unsur kampanye politik di dalamnya, seperti yang disampaikan oleh salah satu pengguna bernama Soshy Bali, "semoga aplikasi ini tidak berpihak pada salah satu partai, harus NETRAL," dikutip dari Google Play Store.

Aspirasi Pemilu
Aspirasi Pemilu menjadi aplikasi yang "paling muda" dikembangkan untuk menyambut pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Menurut Google Play Store, Aspirasi Pemilu baru diluncurkan pada 9 Maret 2014 kemarin. Walau begitu, aplikasi ini menawarkan konten layanan yang unik yaitu berbagi video seputar Pemilu 2014.

"Bagikan aspirasimu dalam bentuk video, dan lihat aspirasi masyarakat Indonesia. Sukseskan Pemilu 2014 yang sesuai aspirasi bangsa," begitu bunyi keterangan dalam halaman deskripsi Aspirasi Pemilu di Google Play Store. Menurut keterangan tersebut, aplikasi Aspirasi Pemilu menawarkan sebuah wadah berbagi video seputar kegiatan Pemilu, implementasinya mungkin saja mirip dengan jejaring sosial. Entah aplikasi ini belum matang, belum siap, atau tidak dapat dijalankan di perangkat Android saya, saya sendiri gagal mencobanya karena selalu mengalami crash setiap mencobanya. Ulasan dan rating pengguna pun belum ada, jadi untuk itu nantikan saja perkembangan aplikasi ini selanjutnya.

MataMassa
Terakhir, aplikasi MataMassa menjadi satu-satunya aplikasi yang paling memperhatikan slogan pemilu yaitu "Jujur dan Adil". Mengapa demikian? Dalam ulasan kami beberapa waktu lalu, MataMassa kami jabarkan sebagai aplikasi yang berguna untuk memantau jalannya pemilu anggota legislatif dan Presiden 2014 agar terhindar dari segala bentuk kecurangan.

MataMassa menawarkan sebuah layanan aduan masyarakat dengan mengadaptasi teknologi mobile terkini. Pengguna dapat dapat melaporkan temuan pelanggaran pemilu dari hasil pemantauannya melalui telepon genggam. Laporan bisa berupa teks, foto, maupun video yang nantinya dapat langsung diunggah ke dalam aplikasi MataMassa untuk dapat ditindak lanjuti ke pihak yang berwenang.















4 komentar:

  1. Super Sekali Postinganya gan..Skrg dah gk jaman online gk menghasilkan STOP buang2 waktu! Disini Cra Krja sngt2 mudah tdk prlu Keahlian yg KHUSUS
    Cuma KLIK2 selama
    10 menit depan kompt.per hari anda dibayar Dollar..Pembayaran paling INSTAN 2 detik smpe ke REK. tdk membuang2 waktu bs dikrjkan sambil ngantor dll..
    segera daftar gratis ..
    TANPA MODAL (cma modal NET), bukti Pembayaran instant dn kesuksessan membernya silahkan chek forum INTERNATIONALnya
    Ada FORUM Bagian INDONESIA. Hati -Hati Penipuan (SCAM) !! Elektibilitas Dari BISNISS ONLINE itu
    Terlihat Dgn Keberadaan sebuah FORUM didalamnya..

    Alhamdulillah dgn sabr dan Doa srta kesriusan saya sudah Profit $8USD per hari tanpa Modal meski hanya member standart alias Gratisan
    Apalagi bagi anda yg punya modal bisa upgrade member /invest wow !! profit Bs 3 kali lipat dr member standrt.(updated:kini saya sdh member GOLDEN dgn profit $35UDS/hari dan Target lg Member ULTIMATE )



    Bukti Screen Shoot Profit sy dlm 3 hari
    http://bit.ly/1gzRPQf

    Bukti Pembayaran bulanan Instant 3 Detik Mendarat Kpanpun Request.
    http://bit.ly/1oXjwHa

    Total Received
    http://bit.ly/1oXkjb2


    DAFTAR DISINI FREE!!
    http://bit.ly/18eptWI

    ReplyDelete
  2. informasi yang bagus dan sangat menarik

    ReplyDelete
  3. terima kasih atas infonya bagus dan sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete

Pengunjung yang baik akan selalu meninggalkan komentar.