paytrenmillionaire.com

20 Universitas Terbaik di Indonesia 2012

 

 Pada bulan Januari 2012 ini 4ICU ( International Colleges and Universities ) kembali merilis daftar peringkat urutan universitas terbaik di seluruh dunia. Untuk di Indonesia sendiri banyak universitas – universitas yang mengalami perubahan peringkat. Penurunan peringkat tersebut bisa dibilang sangat signifikan bagi beberapa universitas yang sebelumnya masuk dalam 10 besar 4ICU. Seperti contohnya Universitas Bina Nusantara ( Binus ) pada tahun ini menduduki peringkat ke-22 atau turun 14 peringkat dari posisi sebelumnya yaitu 8 pada tahun 2011.
Begitu juga dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang mengalami penurunan peringkat sebanyak 4 peringkat dalam penilaian 4 International College and Universities (4ICU). Tahun ini ITS menempati posisi ke 8 setelah pada tahun sebelumnya menduduki peringkat ke 4.
Tetapi ada juga Universitas yang mengalami kenaikan yang bisa dibilang cukup fantastis seperti Universitas Airlangga ( Unair ) Surabaya yang pada tahun 2012 ini menempati posisi ke-9 setelah pada tahun sebelumnya menempati posisi ke-27. Ada juga beberapa universitas lainnya yang juga mengalami penurunan peringkat seperti Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Universitas Gunadarma, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Universitas Diponegoro ( Undip ) Semarang.


Sedangkan untuk 3 besar masih tetapi diduduki oleh 3 Universitas Besar di Indonesia yaitu : Institut Teknologi Bandung ( ITB ), Universitas Indonesia ( UI ) dan Universitas Gadjah Mada ( UGM ).
4ICU sendiri ICU merupakan mesin pencari pendidikan tinggi internasional yang mengulas akreditasi perguruan tinggi di dunia. Tercatat sedikitnya 12 ribu perguruan tinggi dari 200 negara telah direview oleh organisasi ini.
Perangkingan dilakukan dengan menggunakan metode algoritma dan didasarkan pada tiga mesin pencari independen seperti google page rank, yahoo inbound links dan alexa traffic rank.
Berikut daftar lengkap 20 Universitas Terbaik Indonesia 2012 versi ( 4ICU ) :

1 Institut Teknologi Bandung

2 Universitas Indonesia

3 Universitas Gadjah Mada

4 Universitas Gunadarma

5 Universitas Pendidikan Indonesia

6 Universitas Diponegoro

7 Universitas Sebelas Maret

8 Institut Teknologi Sepuluh Nopember

9 Universitas Airlangga

10 Institut Pertanian Bogor

11 Universitas Sumatera Utara

12 Universitas Padjadjaran

13 Universitas Islam Indonesia

14 Universitas Brawijaya

15 Universitas Mercu Buana

16 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

17 Universitas Kristen Petra

18 Universitas Sriwijaya

19 Universitas Surabaya

20 Universitas Muhammadiyah Malang

sumber:lintasberita.web.id

0 komentar:

Post a Comment

Pengunjung yang baik akan selalu meninggalkan komentar.