Nigeria Juara Piala Dunia U-17

 

Nigeria berhasil keluar sebagai juara Piala Dunia U-17, setelah di final mengalahkan Meksiko secara meyakinkan dengan skor telak 3-0.

Bermain di Mohammed Bin Zayed Stadium, Jumat (8/11/2013) malam WIB, Nigeria membuka kemenangan lewat gol bunuh diri gelandang Meksiko Erick Aguirre di menit kesembilan, akibat salah mengantisipasi operan kepada Musa Yahaha.

Di babak kedua, Nigeria menambah keunggulannya di menit ke-56. Berawal dari tendangan Musa Muhammed, kiper Raul Guidino menepis bola yang jatuh dijalur Kelechi Iheanacho untuk kemudian diteruskan dengan tendangan untuk menjebol gawang Meksiko kedua kalinya. Skor 2-0 untuk Nigeria.

Muhammed melengkapi kemenangan Nigeria lewat golnya di menit ke-81. Mendapat tendangan bebas, Muhammed melepaskan sepakan ke tiang jauh yang tidak mampu dijangkau Guidino.

Kemenangan ini membawa Nigeria sebagai tim dengan juara terbanyak, mengungguli Brasil yang meraih tiga gelar. Sebelum tahun ini, Nigeria tampil sebagai kampiun pada 1985, 1993 dan 2007.


Swedia Rebut Tempat Ketiga

Swedia sukses menundukkan Argentina 4-1 untuk meraih tempat ketiga. Valmir Berisha menjadi bintang kemenangan Swedia usai mencetak trigol di menit ketujuh, ke-24 dan ke-57 sedangkan Lucio Compagnucci jadi pencetak gol tunggal Argentina semenit sebelum waktu normal babak pertama.

Gelar pemain terbaik (Golden Ball) turnamen ini jatuh kepada Iheanacho, sementara pencetak gol terbanyak (Golden Boot) diraih oleh Berisha yang total membukukan tujuh gol.

Gelar kiper terbaik (Golden Glove) diberikan kepada kiper Nigeria Dele Alampasu yang sepanjang turnamen hanya kebobolan lima gol. Nigeria pun makin melengkapi gelarnya setelah dianugerahi FIFA Fair Play Award.

0 komentar:

Post a Comment

Pengunjung yang baik akan selalu meninggalkan komentar.