Bongkar Pasang Timnas U-23


Perhelatan SEA Games semakin dekat. Namun pelatih Rahmad Darmawan belum bisa menemukan komposisi terbaik timnas U-23. Pria yang akrab disapa RD itu masih akan melakukan bongkar pasang pemain dalam laga uji coba. 

Cabang olahraga sepak bola SEA Games akan digelar pada 7-21 Desember. Indonesia tergabung di Grup B bersama Timor Leste, Thailand, Kamboja, dan tuan rumah Myanmar. 

Pada laga uji coba terakhir di Hong Kong, Selasa (12/11), Andik dkk meraih hasil positif dengan kemenangan tiga gol tanpa balas melawan klub Citezen AA. Tiga gol kemenangan Indonesia dicetak Andik Vermansah (45'), Ramdani Lestaluhu (48') dan Ferinando Pahabol (87'). 

Kendati memetik hasil meyakinkan, RD belum yakin sepenuhnya dengan komposisi pemain yang diturunkan. Pria yang bakal melatih Persebaya Surabaya mulai musim depan itu akan menurunkan starting eleven berbeda pada uji coba selanjutnya di Hong Kong melawan klub Sun Pegasus di Mong Kok Stadium, Kamis (14/11). 

"Komposisi pemain starter akan berbeda lawan Sun Pegasus. Yang tidak main melawan Citizen, akan diturunkan," kata RD melalui rilis yang disebarkan Media Officer timnas kepada wartawan.
Sejauh ini, komposisi di lini depan yang masih membuat RD galau. Itu juga terlihat dalam laga melawan Citizen. RD hanya melakukan pergantian pemain di lini depan. Dengan skema 4-2-3-1, RD lebih dulu memainkan Sunarto sebagai striker tunggal ditopang winger Andik Vermansah dan Ramdani Lestaluhu. RD kemudian mengganti Sunarto dengan Fandi Eko Utomo, Andik digantikan Bayu Gatra, dan Ramdani digantikan Okto Maniani. 

RD terus mencoba-coba komposisi pemain, terutama di lini serang menyusul miskinnya produktivitas gol Andik dkk. Maklum, kemenangan 3-0 melawan Citizen adalah kemenangan terbesar dalam laga uji coba internasional. Pasalnya, dari delapan laga uji coba internasional sebelumnya, skuat Garuda Muda hanya bisa mencetak maksimal satu gol dalam satu pertandingan. 

Kinerja para striker pun masih dipertanyakan karena tiga gol yang bersarang di gawang Citizen tidak tercipta dari kaki seorang penyerang. Kendati begitu, RD memiliki pandangan berbeda. "Walaupun gol tidak dicetak oleh striker, tapi gol-gol tersebut bisa terjadi karena andil pergerakan dan umpan striker," ujarnya.





0 komentar:

Post a Comment

Pengunjung yang baik akan selalu meninggalkan komentar.