5 Orang Terkaya di Afrika


Tidak diragukan lagi, orang kaya di Afrika terus bertambah harta kekayaannya. Pada 10 negara di Afrika, jumlah orang dengan kekayaan di atas US$ 1 miliar atau Rp 10 triliun ke atas bertambah jumlahnya, dari 16 tahun lalu, menjadi 27 tahun ini.

Dikutip dari Forbes, Kamis (15/11/2013), pendorong kenaikan jumlah orang kaya dengan harta di atas US$ 1 miliar ini adalah kenaikan harga saham, kesepakatan bisnis baru, dan juga aset-aset baru yang diciptakan.
Jumlah orang dengan kekayaan US$ 1 miliar ke atas di Afrika berkembang pesat. Pada 2003 menurut catatan Forbes, jumlah orang yang masuk katagori miliuner tersebut hanya 2, lalu di 2013 naik menjadi 27.
Siapa saja 5 besar orang terkaya di Afrika? Ini daftar lengkapnya:

5. Mike Adenuga
Pria berumur 60 tahun ini memiliki kekayaan US$ 4,6 miliar atau Rp 46 triliun per November 2013. Adenuga meraup kekayaan lewat bisnis minyak dan telekomunikasi.
Perusahaan telekomunikasi miliknya yaitu Globacom, saat ini mempunyai 25 juta pelanggan di Nigeria dan Republik Benin. Lulus dari kuliah dari AS, Adenuga memulai bisnis di Nigeria dengan menjadi penyalur minuman termasuk Coca-Cola. Bisnisnya terus berkembang hingga jadi juragan minyak dan telekomunikasi. 

4. Nasef Sawiris
Pria asal Mesir berusia 52 tahun ini memiliki kekayaan US$ 5,9 miliar atau Rp 59 triliun per November 2013. Nawiris merupakan CEI dari Orascom Construction Industries (OCI) yang bergerak di sektor konstruksi.
Pada Januari 2013 OCI mendapatkan komitmen investasi US$ 2 miliar, termasuk US$ 1 miliar dari Bill Gates, dan 3 investor besar asal AS.

3. Nicky Oppenheime
Pria berumur 68 tahun asal Afrika Selatan ini mempunyai harta kekayaan US$ 6,6 miliar atau Rp 66 triliun hingga November 2013. Bisnis yang dijalani Oppenheimer adalah berlian, lewat perusahaan keluarga yang dijalankannya yaitu DeBeers.
Juli 2012, Oppenheimer pernah menjual 40% saham perusahaan tersebut senilai US$ 5,1 miliar atau Rp 51 triliun secara tunai.

2. Johan Rupert
Pria 63 tahun asal Afrika Selatan ini memiliki kekayaan US$ 7,9 miliar atau Rp 79 triliun per November 2013. Jenis usaha yang ditekuni Rupert adalah berjualan barang-barang mewah.
Dalam setahun ini, jumlah kekayaan Rupert naik US$ 2 miliar atau Rp 20 triliun, karena kenaikan saham perusahaan penjual barang mewah di Swiss yang dimilikinya.

1. Aliko Dangote
Pria berumur 56 tahun ini merupakan CEO Dangote Group, perusahaan yang bergerak di sektor industri semen, gula, dan tepung terigu. Dangote baru saja mengumumkan akan membangun pabrik semen baru di Kenya dan Niger. Perusahaan milik Dangote beroperasi di 8 negara Afrika.
Mei lalu, Dangote mengatakan bakal membangun kilang minyak dan petrokimia senilai US$ 9 miliar atau Rp 90 triliun. Bila ini terealisasi, maka bakal menjadi kilang petrokimia pertama di Nigeria, dan terbesar di Afrika. Jumlah kekayaan Dangote menurut Forbes adalah US$ 20,8 miliar atau Rp 208 triliun pada November 2013.

















1 komentar:

  1. Which is better Coca-Cola or Pepsi?
    SUBMIT YOUR ANSWER and you could get a prepaid VISA gift card!

    ReplyDelete

Pengunjung yang baik akan selalu meninggalkan komentar.