Inilah Bandara yang Paling Sering Delayed

detikTravel
img

Beijing Capital International Airport (relax.xom)

Beijing - Delay di bandara jadi masalah utama traveler yang traveling naik pesawat. Dari bandara-bandara internasional yang tersebar di dunia, mana yang paling sering mengalami delayed pesawat?

Perusahaan berbasis AS yakni FlightStats mencatat bandara yang paling sering mengalami keterlambatan. Dilansir dari relax.com, Jumat (12/7/2013) bandara tersebut adalah Beijing Capital International Airport di Beijing, China.

Bulan Juni 2013, hanya 18,3% penumpang pesawat yang berangkat tepat waktu dari Beijing. Masih di China, Shanghai Pudong International Airport menempati posisi kedua bandara yang paling sering mengalami delay. Hanya 28,72% penumpang di Bandara Shanghai itu yang terbang tepat waktu.

Ada 35 bandara internasional yang termasuk dalam daftar FlightStats. Dari semuanya, Bandara Haneda di Tokyo adalah yang paling jarang mengalami delay. Sebanyak 95,04% penumpang terbang tepat waktu.

Dalam data tersebut, pesawat dinyatakan delay apabila terlambat lebih dari 15 menit dari jadwal keberangkatan. Ada beberapa asumsi kenapa dua bandara internasional di China ini menjadi yang mengalami paling banyak delay.

Lalu lintas udara yang padat adalah salah satunya. Tiap hari, ada 10.000 penerbangan dari dan menuju China. Tapi rupanya, hanya 20% dari lalu lintas udara di China yang digunakan oleh maskapai komersil. Sisanya yakni 80% digunakan untuk kepentingan militer.

Namun coba bandingkan dengan AS yang punya lebih dari 60.000 penerbangan tiap harinya. Bandara-bandara internasional di AS masih tergolong tepat waktu meski lalu lintas udaranya padat.

0 komentar:

Post a Comment

Pengunjung yang baik akan selalu meninggalkan komentar.