Fortaleza, Brazil (ANTARA News) - Superstar Brazil Neymar mencetak satu gol dan mengaransemen satu gol lainnya untuk membuat Brazil menang 2-0 atas Meksiko dalam pertandingan di Grup A yang berlangsung dini hari tadi.  Hasil ini hampir memastikan tuan rumah melangkah ke semifinal Piala Konfederasi.

Brazil akan semakin pasti mendapat tempat di Empat Besar jika Jepang gagal mengalahkan Italia yang juga bertanding hari ini, sedangkan Meksiko akan otomatis tersingkir jika Jepang menang.  

Pemain berusia 21 tahun itu mencetak gol ke-13 dalam 15 pertandingan terakhirnya bersama timnas dengan tendangan volley menawan dari kaki kirinya pada awal babak pertama, dan kemudian melakukan manuver cantik melewati dua bek Meksiko pada babak kedua untuk mengarsiteki gol kedua yang diciptakan Jo.

Neymar, yang baru saja dikontrak menjadi pemain Barcelona, secara mengejutkan dinobatkan sebagai man of the match pertandingan ini namun segera menepisnya dengan mengatakan performa tim adalah hal yang paling penting.

"Kami meningkat pada setiap pertandingan, kami semakin padu dalam setiap laga berjalan dan kemudian kami mengambil hal baik dari performa itu untuk digunakan di masa mendatang," kata mantan bintang Santos yang dibeli Barcelona seharga 57 juta euro (Rp735 miliar) itu.

"Brazil selalu menjadi salah satu dari favorit pada kompetisi sepakbola mana pun yang kami ikuti, tapi kami mesti tetap siaga. Pertandingan mendatang kami adalah melawan Italia yang adalah tim yang benar-benar bagus dan kami harus berharap untuk mencapai tujuan kami untuk menang."

Bagi Brazil, penampilan kali ini lebih menggembirakan ketimbang terakhir kali mereka bertanding di Fortaleza pada 2002 ketika sukses mereka menjadi juara Piala Dunia Korea Selatan dan Jepang ternoda oleh kekalahan dari Meksiko 1-0.

Neymar memastikan dominasi Brazil dengan sebuah tendangan volley spektakuler dari kaki kirinya pada menit sembilan setelah sundulan bek Meksiko Francisco Rodriguez nyasar ke kaki Neymar.

Dani Alves, yang melepas umpan kepada Rodriguez namun gagal dikonversi menjadi gol, melepaskan tendangan ke sudut kanan gawang Meksiko yang nyaris berbuah gol jika kiper Jose Corona tak tampil cemerlang di bawah mistar gawang Meksiko.

Neymar nyaris menggandakan gol pada menit 23 setelah membawa bola di atas dadanya, lalu melepaskan tembakan yang sayang masih berada di atas gawang Meksiko.

Brazil sempat dikagetkan oleh dikeluarkannya David Luiz setelah mengkerasi rekannya di Chelsea, Oscar. Tapi Meksiko tak bisa memanfaatkan pincangnya Brazil yang harus tampil dengan 10 pemain itu.

Sebaliknya Brazil tetap bisa menekan termasuk ketika Thiago Silva yang gol dari sundulannya dianulir karena dinyatakan offside.

Pada babak kedua pertandingan secara dramatis berubah lamban karena tingginya kelembaban udara yang berdampak langsung kepada para pemain.

Tapi itu tidak menghentikan Neymar untuk mengarsiteki gol kedua Brazil yang diciptakan Jo yang membuat tuan rumah mabuk kemenangan, demikian AFP.