Olimpiade 2012 London resmi ditutup


Upacara penutupan Olimpiade
Penutupan Olimpiade diadakan secara meriah dengan perayaan musikal tentang kebudayaan dan rakyat Inggris, dan bendera Olimpiade diserahkan ke Rio de Janiero, Brasil, sebagai tuan rumah pada 2016.
Bendera Olimpiade diserahkan oleh Walikota London Boris Johnson kepada Presiden Komite Olimpiade Internasional Jacques Rogge yang selanjutnya menyerahkan bendera kepada Walikota Riode Janiero Eduardo Paes.
Setelah diadakan kompetisi selama 16 hari, Olimpiade di London ditutup dengan menampilkan berbagai bintang antara lain Emeli Sande, Elbow dan George Michael.
Lonceng Big Ben menandai permulaan upacara pembukaan dan kemudian dilanjutkan dengan sajian rampaian musik Inggris. Di antara penyanyi yang tampil pada tahap awal adalah Emeli Sande dan kelompok paduan suara dari London, Urban Voices.
Pertunjukkan meriah yang ditampilkan secara dinamis itu juga menampilkan sejumlah band pop, Pet Shop Boys, Spice Girls dan One Direction.
Upacara pembukaan digelar di Stadion Olimpiade mulai pukul 21.00 waktu London pada Minggu malam (12/08) atau pukul 03.00 Senin waktu Indonesia.
Sekitar 4.000 artis dan seniman berperan dalam pesta upacara penutupan yang diberi judul A Symphony of British Music. Penonton di stadion dengan kapasitas 80.000 orang itu bersorak sorai, menghentakkan kaki dan turut mengalunkan lirik lagu-lagu.
Sebanyak 10.800 atlet dari negara-negara peserta mendapat tempat duduk strategis di stadion setelah mereka berjalan mengelilingi stadion sebagai satu kesatuan, tidak berbaris berdasarkan negara. Ini dilakukan sebagai simbol bagi keharmonisan dan persahabatan.

Kontingen Indonesia

"Presiden Obama menelepon Perdana Menteri Cameron untuk memberikan selamat kepadanya dan kepada rakyat Inggris dan warga London atas keberhasilan pelaksanaan Olimpiade yang mencerminkan watak dan semangat sekutu dekat kami."
Juru bicara Gedung Putih
Mereka menyaksikan penyerahan medali nomor marathon putra yang diadakan pada hari yang sama dengan hari penutupan. Medali emas diraih pelari Uganda Stephen Kiprotich, dan medali perak serta perunggu jatuh ke tangan atlet Kenya.
Keluarga kerajaan diwakili oleh Pangeran Harry dan istri Pangeran William, Kate. Keduanya duduk di samping Presiden Komite Olimpiade Internasional Jacques Rogge.
Amerika Serikat keluar sebagai juara umum dengan 46 medali emas, disusul Cina dengan 38 medali emas dan tuan rumah Inggris Raya mengumpulkan 29 medali emas.
Indonesia berada di peringkat ke-63 dengan satu medali perak dan satu medali perunggu.
Posisi Indonesia sama dengan Malaysia yang juga meraih satu perak dan satu medali perunggu. Adapun Thailand menduduki tempat di posisi ke-57 dengan dua medali perak dan satu medali perunggu.
Dalam upacara penutupan, tidak ada atlet dari Indonesia yang hadir karena semua atlet telah pulang sebelum acara penutupan. Kontingen Indonesia diwakili para pejabat Komite Olimpiade Indonesia, antara lain Wakil Ketua Kontingen Ade Lukman.
Berbagai pihak memuji Inggris atas keberhasilannya mengadakan pesta olahraga akbar ini. Presiden Amerika Serikat Barack Obama menelepon Perdana Menteri Inggris David Cameron untuk menyampaikan selamat.
"Presiden Obama menelepon Perdana Menteri Cameron untuk memberikan selamat kepadanya dan kepada rakyat Inggris dan warga London atas keberhasilan pelaksanaan Olimpiade yang mencerminkan watak dan semangat sekutu dekat kami," kata seorang juru bicara Gedung Putih.
sumber: BBC

2 komentar:

  1. aduh sayang sekali indonesia hanya dpat 2 medali ya di olimpiade london,,

    ReplyDelete
  2. Olah raga Indonesia masih terbelenggu komplik internal dan korupsi, sehingga olahraga itu sendiri terabaikan tidak sempat diperhatikan pejabat.

    ReplyDelete

Pengunjung yang baik akan selalu meninggalkan komentar.