Profil Klub Juventus


 
Juventus FC  sering disebut dengan Juventus atau Juve (nama latin untuk remaja) adalah salah satu klub sepak bola tertua di Italia. Juventus merupakan tim tersukses di Italia. Klub yang punya julukan la Vecchia Signora (Sang Nyonya Tua) dan bermarkas di Stadion Olimpico Turin ini telah mengoleksi banyak sekali throphy dari semua ajang.

Awal Juventus Berdiri

Pertama didirikan oleh murid-murid sekolah Massimo D'Azeglio Lyceum di Turin pada 1897, Juventus memiliki nama awal Sport Club Juventus. Baru dua tahun kemudian berganti nama menjadi Foot-Ball Club Juventus. Namun di tahun 1906, Juventus sudah mengalami perpecahan. Beberapa staff memutuskan meninggalkan Juventus yang kemudian diikuti oleh presiden Alfredo Dick yang kemudian mendirikan klub baru berjuluk FBC Torino.

Prestasi Juventus
Juventus juga memegang rekor terbanyak juara Serie A Italia sebagai tim peraih juara terbanyak dengan 27 gelar dan memegang rekor juara secara berturut-turut, yaitu dari musim 1930/31 hingga 1934/35. Juventus juga memenangi Coppa Italia sebanyak sembilan kali dan sampai saat ini masih memegang rekor kemenangan secara keseluruhan.
Juventus adalah tim tersukses dalam sejarah persepakbolaaan Italia. Sudah 51 piala resmi berhasil diraihnya, 40 di antaranya dalam negeri dan 11 lainnya untuk Eropa serta kompetisi dunia lainnya. Pada tahun 1985, Juventus menjadi klub pertama di Eropa yang berhasil memenangkan semua tiga piala di Eropa dan Piala Intercontinental. Juventus terkenal menerapkan aturan yang ketat untuk pemainnya. Pemainnya diharuskan berambut pendek dan rapi, selalu berpakaian formal dan memaksa mereka untuk menyelesaikan pendidikan mereka.
Penjualan Zinedine Zidane ke Real Madrid dengan harga sekitar $64 juta dolar AS masih merupakan salah satu penjualan termahal dalam sepak bola hingga kini. Kasus paling menghebohkan yang menimpa klub ini yaitu saat gelar juara Seri A diraih pada musim 04/05 dan 05/06 dicabut, karena terlibat skandal pengaturan pertandingan. Juventus juga harus terdegradasi ke Seri B akibat kasus ini.
(Sumber: http://www.legaseriea.it dan www.juventus.com

0 komentar:

Post a Comment

Pengunjung yang baik akan selalu meninggalkan komentar.