paytrenmillionaire.com

Profil Tim Peserta Piala Eropa (Euro) 2012



Piala Eropa (EURO) 2012 akan segera di mulai Juni mendatang , maka tentunya kita ingin mengetahui Tim mana saja sebenarnya yang menjadi peserta EURO 2012, berikut ulasan singkatnya.



Grup D EURO 2012
Terdiri dari 4 negara yaitu Ukraina, Swedia, Perancis dan Inggris. Grup ini sebenarnya juga bisa di bilang salah satu grup berat karena disini bercokol tuan rumah Ukraina yang tentunya mendapat dukungan penuh dari suporternya, disini juga ada juara dua kali piala eropa Perancis dan juga dua tim kuat langganan piala eropa yaitu Swedia dan Inggris. Pertandingan penyisihan Grup D ini akan di adakan di dua kota yang berada di negara Ukraina yaitu kota Donetsk dan Kyiv. Kota Donetsk menyediakan Stadium Donbass Arena dan kota Kyiv dengan Stadium Olympic untuk di gunakan pada pertandingkan Grup D. Berikut ini kami coba mengulas tentang tim-tim yang berada di Grup D.

UKRAINA
Ukraina adalah negara yang menjadi tuan rumah bersama untuk menyelenggarakan Piala Eropa 2012 nanti bersama Polandia. Negara pecahan Uni Sovyet ini tidak pernah masuk ke babak final Piala Eropa, perjalanan Ukraina lebih banyak kandas di kualifikasi dan perjalanan terjauhnya adalah di babak playoff Euro 2000 di mana mereka harus mengakui keunggulan Slovenia setelah kalah di kandang Slovenia 2-1 dan harus puas bermain 1-1 di kandang sendiri. Dengan menjadi tuan rumah maka Ukraina mendapat satu jatah tiket ke babak final turnamen ini, ini menjadi berkah bagi Ukraina untuk menunjukkan prestasi di kancah internasional khususnya di zona Eropa. Dua Stadium berkapasitas 52.000 penonton ( Donbass Arena ) kandang Shakhtar Donetsk dan Olympic Stadium yang berkapasitas 70.000 penonton akan menjadi hal penting bagi Ukraina, dukungan moril dari para pendukungnya sendiri akan meningkatkan performa bagi timnas mereka. Ukraina adalah salah satu negara dengan peringkat FIFA terendah yang mengikuti turnamen final ini, hanya Polandia yang juga menjadi tuan rumah yang peringkatnya berada di bawah Ukraina. Pelatih Ukraina Oleg Blogkhin adalah striker legendaris Ukraina dimana dia adalah pemain pertama Ukraina yang meraih Ballon d`Or. Blokhin di panggil kembali melatih Ukraina April 2011 silam setelah sebelumnya pernah memimpin Ukraina dari rentang 2003 hingga 2007 termasuk di dalamnya membawa Ukraina ke perempat final piala dunia tahun 2006. Blokhin mengambil alih tampuk pimpinan timnas Ukraina dari pelatih sementara Yuri Kalitvintsev yang membawa timnas usian 19 Ukraina memenangi piala eropa U-19 tahun 2009. Oleg Blokhin kembali harus memanggil para pemain gaek Ukraina walaupun rata-rata telah berumur di atas 30, pengalaman dan kualitas para pemain senior tersebut di perlukan untuk membangkitkan kembali prestasi Ukraina di piala eropa nanti. Pemain seperti Andriy Shevchenko (35 tahun), Andriy Voronin (32 tahun), Anatoliy Tymoshchuk (33 tahun) akan di padukan dengan pemain muda seperti Andriy Yarmolenko dan Yevhen Konoplyanka. Berikut kami tampilkan perkiraan pemain yang akan di bawa Blogkhin nanti di

EURO 2012:
Kiper: Oleksandr Shovkovskiy (Dynamo Kyiv), Andriy Dikan (Spartak Moscow), Oleksandr Rybka (Shakhtar Donetsk).
Bertahan: Taras Mykhalyk (Dynamo Kyiv), Oleksandr Kucher (Shakhtar Donetsk), Yaroslav Rakitskiy (Shakhtar Donetsk), Vitaliy Mandzyuk (Dnipro Dnipropetrovsk), Artem Fedetskiy (Karpaty Lviv), Yevhen Selin (Vorskla Poltava), Yevhen Khacheridi (Dynamo Kyiv), Dmytro Chygrynskiy (Shakhtar Donetsk).
Gelandang: Anatoliy Tymoshchuk (Bayern Munich), Serhiy Nazarenko (Tavriya Simferopol), Yevhen Konoplyanka (Dnipro Dnipropetrovsk), Oleh Husyev (Dynamo Kyiv), Ruslan Rotan (Dnipro Dnipropetrovsk), Andriy Yarmolenko (Dynamo Kyiv), Oleksandr Aliyev (Dynamo Kyiv).
Penyerang: Andriy Voronin (Dynamo Moscow), Artem Milevskiy (Dynamo Kyiv), Andriy Shevchenko (Dynamo Kyiv), Yevhen Seleznyov (Shakhtar Donetsk), Marko Devych (Metalist Kharkiv).
SWEDIA
Swedia di Grup ini adalah team kuda hitam, walaupun kualitas dan rankingnya masih di atas Ukraina. Ukraina di unggulkan karena tuan rumah dan bermain di kandang sendiri sedangkan Swedia tidak, jadi bisa di katakan Swedia adalah team paling tidak di untungkan. Prestasi terbesar Swedia di turnamen Piala Eropa ini adalah sebagai Semifinalis di Euro 1992 dimana mereka harus mengakui keunggulan Jerman 2-3  dan kekalahan ini menjadi lebih menyakitkan karena mereka bermain sebagai tuan rumah. Prestasi lainnya Swedia adalah babak perempat final dimana mereka dua kali menjadi perempatfinalis yaitu di Euro 1964 dan Euro 2004, selebihnya Swedia harus kandas  dua kali di babak grup termasuk yang paling anyar yaitu di Euro 2008 dimana mereka harus puas berada di peringkat ketiga grup D di bawah Spanyol dan Rusia. Swedia lolos ke Euro 2012 ini dengan pencapaian sebagai runner up terbaik di babak kualifikasi dengan 8 kemenangan dari 10 pertandingan dan mencetak 31 goal. Pelatih Swedia untuk Piala Eropa 2012 nanti adalah Erik Hamren yang mengambil alih jabatan yang sebelumnya di pegang Lars Lagerbeck setelah Swedia gagal masuk ke babak final piala dunia 2010 silam. Erik Hamren adalah salah satu pelatih berpengalaman yang memiliki reputasi yang bagus di Skandinavia. Pelatih yang juga berkebangsaan Swedia ini pernah melatih di beberapa team di Norwegia, Denmark dan Swedia. Swedia melalui pelatih Erik Hamren akan membawa beberapa pemainnya yang memiliki pengalaman di zona eropa, ini bisa di lihat dari banyaknya pemain asal Swedia yang bermain di liga-liga besar eropa, pemain senior seperti Zlatan Ibrahimovic, Kim Kallstrom, Sebastian Larsson dan Olof Melberg akan memimpin timnas Swedia di Piala Eropa nanti. Zlatan Ibrahimovic yang bermain di AC Milan menjadi pemain penting bagi Swedia, goal demi goal di harapkan akan lahir dari pemain tinggi jangkung ini. Berikut perkiraan pemain yang akan di bawa Hamren di piala eropa nanti:
Kiper: Andreas Isaksson (PSV), Johan Wiland (Copenhagen), Daniel Orlund (Rosenborg)
Bertahan: Olof Mellberg (Olympiakos), Behrang Safari (Anderlecht), Daniel Majstorovic (Celtic), Mikael Lustig (Celtic), Andreas Granqvist (Genoa), Oscar Wendt (M.Gladbach), Martin Olsson (Blackburn), Mikael Antonsson (Bologna)
Tengah: Kim Kallstrom (Lyon), Sebastian Larsson (Sunderland), Christian Wilhelmsson ( Deportivo La Coruna), Pontus Wernbloom (CSKA Moscow), Emir Bajrami (Twente), Anders Svensson (Elfsborg), Rasmuss Elm (AZ Alkmaar), Viktor Elm (Heerenven)
Penyerang: Zlatan Ibrahimovic (AC Milan), Ola Toivonen (PSV), Johan Elmander (Galatasaray), Tobias Hysen (IFK Gotenberg), Marcus Berg (Hamburg), Alexander Gerndt (Utrecht)

PERANCIS
Perancis pernah menjuarai turnamen ini dua kali selama keikutsertaannya di turnamen ini yaitu di Euro 1984 dan Euro 2000. Di Euro 1984 Perancis bertindak sebagai tuan rumah dan masih di perkuat oleh legenda mereka Michel Platini yang sekarang menjabat sebagai Presiden UEFA, di final mereka mengalahkan Spanyol 2-0 untuk mengangkat trophy Euro pertama kalinya. Di Euro 2000 prestasi mereka menjadi lebih baik setelah dua tahun sebelumnya mereka menjadi juara piala dunia 1998, di final team yang kala itu masih di perkuat Zinedine Zidane mengalahkan Italia 2-1 melalui golden goal. Prestasi lainnya adalah sekali menjadi semifinalis (Euro 1996) dan tiga kali menjadi perempatfinalis (Euro 1964, Euro 1968, Euro 2004) dan sisanya dua kali harus kandas di babak grup di turnamen final Euro. Di Euro 2012 nanti Perancis harus menghilangkan prestasi buruk selama ini, setelah menjadi finalis di Piala Dunia 2006, Perancis di Euro 2008 dan Piala Dunia 2010 bermain buruk dan harus berada di peringkat terbawah pada babak grup di dua turnamen tersebut.  Pelatih Timnas Perancis sekarang Lauren Blanc harus bekerja ekstra keras untuk membawa kejayaan kembali ke tanah kelahirannya sendiri, walaupun di dua pertandingan pertama semenjak melatih timnas Perancis harus kalah berturut, akhirnya kemudian di balas dengan 17 kali kemenangan berturut-turut hingga masuk ke babak final turnamen Piala Eropa nanti. Perancis sekarang lebih banyak di perkuat oleh pemain muda, contohnya dengan di bawanya beberapa pemain muda oleh Blanc seperti Yohan Cabaye dan Yann M`Vila untuk memperkuat lini tengah mereka. Akan tetapi pemain senior seperti Karim Benzema, Samir Nasri, Patrice Evra dan Frank Ribery masih memperkuat squad Perancis di Piala Eropa 2012 nanti. Berikut kami tampilkan perkiraan susunan pemain yang akan di bawa Blanc untuk turnamen EURO 2012 mendatang:
Kiper: Hugo Lloris (Lyon), Steve Mandanda (Marseille), Cedric Carrasso (Bordeaux)
Bertahan: Patrice Evra (Manchester United), Gael Clichy (Manchester City),  Eric Abidal (Barcelona), Younes Kaboul (Tottenham), Mamadou Sakho (PSG), Bacary Sagna (Arsenal), Anthony Reveillere (Lyon), Adil Rami (Valencia), Phillipe Mexes (AC Milan), Laurent Koscielny (Arsenal)
Gelandang: Samir Nasri (Manchester City), Jeremy Menez (PSG), Florent Malouda (Chelsea), Frank Ribery (Bayern Munchen), Alou Diarra (Marseille), Yohan Cabaye (Newcastle), Yann M`Vila (Rennes), Mathieu Valbuena (Marseille), Abou Diaby (Arsenal), Marvin Martin (Sochaux), Lassana Diarra (Real Madrid), Mathieu Debuchy (Lille)
Penyerang: Karim Benzema (Real Madrid), Loic Remy (Marseille), Dimitri Payet (Lille), Bafentimbi Gomis (Lyon), Kevin Gameiro (PSG), Guillaume Hoarau (PSG)

INGGRIS
Jika kita berbicara tentang tim nasional Inggris maka banyak pertanyaan yang muncul akan tim ini, sebagai salah satu negara dengan liga terbaik dan banyaknya pemain berkualitas yang ada di negara ini seharusnya prestasi sepakbolanya haruslah gemilang, namun kenyataan yang terjadi sangatlah terbalik. Prestasi Inggris di kancah Piala Eropa ini sangatlah tidak sesuai dengan kualitasnya, Perjalanan terjauh Inggris selama keikutsertaanya di piala eropa adalah semifinalis Euro 1996 setelah di pertandingan semifinal tersebut Inggris harus mengakui keunggulan Jerman melalui adu penalti. Dua kali menjadi perempat finalis di Euro 1972 dan Euro 2004, dan empat kali kandas di babak penyisihan grup. Yang paling parah adalah pada saat Euro 2008, dimana Inggris tidak lolos ke babak final turnamen Euro. Pelatih yang melatih Inggris sudah di ganti beberapa kali, baik pelatih dari asing maupun lokal telah di coba, yang paling anyar adalah Fabio Capello. Di mana pelatih asal Italia tersebut mengundurkan diri di bulan Februari 2012 silam setelah berseteru dengan FA akibat penunjukkan ban kapten ke tangan John Terry setelah kasus rasisme. Stuart Pearce yang sebelumnya menjadi pelatih tim U-21 Inggris di percaya untuk mengambil alih kursi pelatih timnas Inggris hingga usai Piala Eropa nanti. Harry Redknapp pelatih Tottenham di favoritkan akan mengisi kursi pelatih timnas Inggris yang akan datang. Wayne Rooney yang mendapatkan kartu merah ketika pertandingan terakhir kualifikasi grup melawan Montenegro mendapatkan suspensi dua pertandingan sehingga tidak dapat bermain di dua pertandingan pertama Inggris di Euro 2012 yaitu melawan Perancis dan Swedia, hal ini menjadi kekurangan bagi timnas Inggris nantinya. Pemain seperti Stevan Gerrard, Frank Lampard, Ashley Cole masih di percaya untuk memimpin Inggris yang di kombinasikan dengan pemain muda seperti Jack Wilshere, Chris Smalling dan Joe Hart. Berikut perkiraan pemain yang akan di bawa squad Inggris untuk EURO 2012 mendatang:
Kiper: Joe Hart (Manchester City), Robert Green (West Ham), Scott Carson (Bursaspor), Ben Foster (West Brom).
Bertahan: Phil Jones (Manchester United), Chris Smalling (Manchester United), Ashley Cole (Chelsea), Gary Cahill (Chelsea), John Terry (Chelsea), Leighton Baines (Everton), Michael Dawson (Tottenham), Kyle Walker (Tottenham), Glen Johnson (Liverpool), Joleon Lescott (Manchester City), Micah Richards (Manchester City).
Gelandang: Steven Gerrard (Liverpool), Frank Lampard (Chelsea), Gareth Barry (Manchester City), Ashley Young (Manchester United), Scott Parker (Tottenham), James Milner (Manchester City), Jack Wilshere (Arsenal), Stewart Downing (Liverpool), Adam Johnson (Manchester City), Theo Walcott (Arsenal).
Penyerang: Peter Crouch (Stoke), Wayne Rooney (Manchester United), Darren Bent (Aston Villa), Jermain Defoe (Tottenham).


Grup C EURO 2012 terdiri dari Spanyol, Italia, Republik Irlandia dan Kroasia. Pertandingan grup C dilaksanakan di Polandia pada dua kota dimana kedua kota tersebut menyediakan masing-masing satu stadion, kedua kota dan stadion tersebut adalah Arena Gdansk di kota Gdansk dan Municipal Stadium Poznan di kota Poznan. Grup C ini di huni oleh juara bertahan Spanyol yang  juga telah menjuarai turnamen ini dua kali sepanjang keikutsertaannya. Italia juga pernah menjuarai turnamen ini sekali, sedangkan Kroasia dan Republik Irlandia belum pernah menjuarai turnamen ini. Berikut kami ulas tim-tim negara peserta EURO 2012 yang berada di grup C ini :

SPANYOL
Spanyol pernah menjuarai turnamen ini sebanyak dua kali sekaligus sebagai juara bertahan pada EURO 2012 ini. Setelah menjuarai Piala Eropa 2008 dimana di final mengalahkan Jerman 1-0 melalui goal Fernando Torres, kesuksesan Spanyol berlanjut ke Piala Dunia 2010 yang tampil sebagai juara dunia. Selain menjuarai piala eropa 2008, Spanyol sebelumnya pernah menjuarai turnamen ini pada tahun 1964. Spanyol juga menjadi Runner up di Euro 1984 setelah masuk ke babak Final dan berhadapan dengan Perancis, kemudian dikalahkan dengan skor 2-0. Prestasi lainnya bagi timnas Spanyol di kancah piala eropa adalah 4 kali perempat finalis yaitu di Euro 1968, Euro 1976, Euro 1996 dan Euro 2000. Selebihnya Spanyol harus kandas di babak penyisihan grup pada putaran final turnamen ini. Pada grup ini Spanyol difavoritkan akan lolos baik sebagai juara grup maupun runner up grup, ini di karenakan lawan terberat di grup ini hanyalah Italia sedangkan dua tim lainnya di anggap tidak akan memberikan perlawanan lebih bagi Spanyol. Pelatih utama Spanyol Vicente del Bosque di percaya menangani timnas Spanyol di piala eropa 2012 nanti. Bosque akan mencoba mengulangi kesuseksan Luis Arangones di turnamen Euro ini. Timnas Spanyol yang juga dibawa menang oleh Bosque di piala dunia 2010 tampaknya tetap akan menggunakan beberapa nama senior di timnas spanyol dimana tentunya di tambah oleh beberapa pemain muda. Pemain Senior seperti Xavi Hernandez, Carlos Puyol dan Iker Casillas akan di temani oleh darah muda seperti Javi Martinez, Pedro Rodriguez dan Thiago Alcantara. Squad Spanyol rata-rata di dominasi oleh dua team besar Liga Primera Spanyol yaitu Barcelona dan Real Madrid. Berikut kami tampilkan perkiraan susunan pemain yang akan di bawa oleh Vicente del Bosque di EURO 2012 nanti.
Kiper: Iker Casillas (Real Madrid), Pepe Reina (Liverpool), Victor Valdez (Barcelona)
Bertahan: Raul Albiol (Real Madrid), Carlos Puyol (Barcelona), Gerard Pique (Barcelona), Sergio Ramos (Real Madrid), Carlos Marchena (Villarreal), Joan Capdevilla (Benfica), Alvaro Arbeloa (Real Madrid)
Gelandang: Xavi Hernandez (Barcelona), Andres Iniesta (Barcelona), Xabi Alonso (Real Madrid), Sergio Busquet (Barcelona), David Silva (Manchester City), Cesc Fabregas (Barcelona), Santi Cazorla (Malaga), Jesus Navas (Sevilla), Javi Martinez (Athetico Bilbao)
Penyerang: Fernando Torres (Chelsea), David Villa (Barcelona), Juan Mata (Chelsea), Pedro Rodriguez (Barcelona), Fernando Llorente (Athletico Bilbao)

ITALIA
Italia pernah sekali menjuarai Piala Eropa sepanjang keikutsertaaanya yaitu di Euro 1968. Selain itu Italia pernah masuk ke final yaitu Euro 2000 dan harus kalah dari Perancis melalui golden goal 2-1. Di Euro 2000 ini Perancis mendapatkan gelar juara setelah menang di piala dunia 1998. Italia juga pernah sekali menjadi semifinalis di Euro 1988 dan dua kali menjadi perempat finalis di Euro 1972 dan Euro 2008. Italia adalah tim kuat di piala eropa nanti dan juga menjadi favorit menjuarai  piala eropa nanti. Prestasi Italia terakhir di turnamen Internasional adalah di Piala Dunia 2006 dan Marcelo Lippi di percaya sebagai pelatih pada turnamen itu. Pada Piala Dunia 2010 Lippi gagal membawa Italia menjadi juara, setelah kegagalan tersebut Lippi harus menyerahkan tampuk pimpinan timnas ke Cesare Prandelli. Kesuksesan Prandelli bersama Fiorentina selama 5 tahun menjadi portfolio bagi Prandelli untuk mendapatkan status sebagai Pelatih utama timnas Italia. Prandelli memanggil kembali pemain veteran semacam Antonio Cassano dan di kombinasikan dengan pemain muda seperti Riccardo Montolivo dan Leonardo Bonucci. Pemain senior lain yang akan di bawa Prandelli seperti Gianluigi Buffon, Andrea Pirlo dan Daniele De Rossi akan berkerjasama dengan pemain muda seperti Giuseppe Rossi, Mario Ballotelli dan Claudio Marchisio. Perkiraan pemain yang di bawa oleh Prandelli untuk piala eropa 2012 adalah sebagai berikut :
Kiper: Gianluigi Buffon (Juventus), Emiliano Viviano (Palermo), Salvatore Sirigu (PSG)
Bertahan: Giorgio Chiellini (Juventus), Leonardo Bonucci (Juventus), Domenico Criscito (Zenit), Andrea Barzagli (Juventus), Federico Balzaretti (Palermo), Mattia Cassani (Fiorentina), Andrea Rannochia (Inter Milan),
Gelandang: Andrea Pirlo (Juventus), Alberto Aquilani (AC Milan), Antonio Nocerino (AC Milan), Riccardo Montolivo (Fiorentina), Simone Pepe (Juventus), Danielle De Rossi (Roma), Thiago Motta (PSG), Claudio Marchisio (Juventus), Christian Maggio (Napoli)
Penyerang: Alberto Gillardino (Genoa), Mario Ballotelli (Manchester City), Giuseppe Rossi (Villarreal), Giampaolo Pazzini (Inter Milan), Alessandro Matri (Juventus), Sebastian Giovinco (Parma).

REPUBLIK IRLANDIA
Keikutsertaaan Republik Irlandia di turnamen final Piala Eropa  2012 ini adalah ketiga kalinya setelah dua kali sebelumnya kandas di perempat final yaitu di Euro 1964 dan kandas di babak grup Euro 1988. Republik Irlandia kebanyakan kandas di babak kualifikasi sebelum masuk ke babak final, di Euro 2012 ini pun Rep Irlandia lolos setelah menang di babak Playoff dari Estonia. Rep Irlandia di latih oleh Giovanni Trapattoni yang berkebangsaan Italia, pelatih ini telah mempunyai banyak pengalaman baik di klub-klub eropa maupun melatih tim nasional. Klub seperti AC Milan, Juventus, Bayern Munchen, Benfica dan Inter Milan pernah di latih olehnya. Sebagai pelatih timnas pelatih yang sering di panggil Mr Trap ini gagal membawa Italia menjadi juara di Piala Dunia 2002 dan gagal juga di Euro 2004. Pemain senior seperti Robbie Keane yang juga top skorer timnas Irlandia masih di percaya untuk memimpin timnas Irlandia di temani pemain gaek lainnya seperti John oshea, Richard Dunne dan Kevin Doyle. Perkiraan susunan pemain timnas Irlandia yang akan di bawa Trapattoni di Euro 2012 nanti:
Kiper: Shay Given (Aston Villa), Keiren Westwood (Sunderland)
Bertahan: Richard Dunne (Aston Villa), Johan O’Shea (Sunderland), Kevin Kilbane (Derby), Sean St Ledger (Leicester), Darren O’Dea, Stephen Kelly (Fulham)
Gelandang: Glenn Whelan (Stoke), Liam Lawrence (Stoke), Paul Green (Derby), Darron Gibson (Everton), Paul Green (Derby), Keith Fahey (Birmingham), Aiden Mc Geady (Spartak Moskow), Damien Duff (Fulham), Stephen Ward (Wolverhampton), Stephen Hunt (Wolverhampton), Keith Andrews (West Brom)
Penyerang: Robbie Keane (Aston Villa), Kevin Doyle (Wolverhampton), Shane Long (West Brom), Simon Cox (West Brom)

KROASIA
Kroasia tiga kali ikut serta di babak final turnamen Piala Eropa, prestasi tertinggi Kroasia adalah dua kali menjadi perempat finalis yaitu di Euro 1996 dan Euro 2008 serta Kandas di babak grup pada Euro 2004. Kroasia sering di sebut tim kuda hitam karena sering memberikan kejutan bagi tim-tim besar. Semua masih ingat dengan kiprah Kroasia di piala dunia 1998 setelah menjadi semifinalis di turnamen itu. Pelatih Slaven Bilic masih di percaya untuk memimpin timnas Kroasia di Euro 2012 nanti. Pemain-pemain seperti Luka Modric dan Ivan Rakitic akan menjadi pemain sentral bagi timnas Kroasia dan juga pengalaman dari beberapa pemain yang bermain di klub-klub eropa seperti Vedran Corluka dan Eduardo akan menjadi kunci permainan Kroasia. Berikut Perkiraan Pemain yang akan di bawa Slaven Bilic di piala eropa nanti:
Kiper: Vedran Runje (Lens), Stipe Pletikosa (Rostov), Danijel Subasic (Hajduk Split)
Bertahan: Ivan Strinic (Dnipro), Josip Simunic (Dinamo Zagreb), Vedran Corluka (Leverkusen), Gordon Schildenfeld (Frankfurt), Dejan Lovren (Lyon), Domagoj Vida (Dinamo Zagreb), Sime Vrsaljko (Dinamo Zagreb)
Gelandang: Luka Modric (Tottenham), Tomislav Dujmovic (Zaragoza), Mario Mandzukic (Wolfsburg), Ivan Rakitic (Sevilla), Darijo Srna (Shakthar Donetsk), Ognjen Vukojevic (Dinamo Kyiv), Danijel Pranjic (Bayern Munchen), Niko Kranjcar (Tottenham), Ivan Perisic (Dortmund), Milan Badelj (Dinamo Zagreb)
Penyerang: Ivica Olic (Bayern Munchen), Ivan Klasnic (Bolton), Mladen Petric (Hamburg), Eduardo (Shakhtar Donetsk), Nikica Jelavic (Everton), Nikola Kalinic (Dnipro).
Melanjutkan ulasan yang lalu, kali ini kita akan mengulas grup B yang di sebut grup neraka, pemberian sebutan grup neraka bagi grup B bukanlah tanpa alasan, ini disebabkan karena yang berada di grup ini merupakan tim-tim tangguh.


Grup B EURO 2012
Terdiri dari Belanda, Jerman, Denmark dan Portugal. Tiga tim penghuni grup B ini  pernah menjuarai turnamen piala eropa, yaitu Belanda sekali, Denmark sekali bahkan Jerman menjuarai tiga kali piala eropa, hanya Portugal yang belum pernah menjuarai turnamen ini, maka di Euro 2012 ini sepak terjang Portugal menjadi perhatian bagi para pecinta sepakbola. Meskipun Portugal belum pernah menjuarai Piala Eropa tetapi didalam Tim ini terdapat pemain-pemain berkualitas yang harus diwaspadai seperti Christiano Ronaldo (Real Madrid), Nani (MU), Raul Meireles (Chelsea), Pepe (Real Madrid) dan lain-lain.

BELANDA
Belanda telah tujuh kali ikut serta dalam babak final turnamen ini dengan hasil menjuarai sekali yaitu pada Euro 1988. Di keikutsertannya yang enam kali, Belanda tiga kali menjadi semifinalis (Euro 1992, Euro 2000, Euro 2004), dua kali menjadi perempat finalis (Euro 1996, Euro 2008) dan sekali harus kandas di babak penyisihan grup (Euro 1980). Belanda mempunyai squad yang bagus dan sedang berusaha memperbaiki hasil mereka sebagai timnas. Setelah menjadi runner up di Piala Dunia 2010 akibat kalah di final dari Spanyol, timnas Belanda banyak mengalami kemajuan ini terlihat dari hasil pada saat kualifikasi piala eropa ini. Pelatih timnas Belanda yang juga berkebangsaan Belanda yaitu Bert Van Marwijk di percaya akan membawa timnas Belanda untuk menjuarai turnamen ini. Pelatih yang juga pernah membawa Feyenord menjuarai Piala UEFA 2002 ini menjabat sebagai pelatih utama Belanda menggantikan Marco Van Basten setelah timnas Belanda gagal di Euro 2008. Hasil bagus di torehkan oleh pelatih ini mulai dari kualifikasi piala dunia 2010 hingga menjadi runner up piala dunia 2010. Pemain senior seperti Wesley Sneijder, Mark Van Bommel dan Robie Van Persie akan di gabung dengan pemain muda seperti Erik Pieters dan Eljero Elia untuk memperkuat komposisi pemain di piala eropa nanti, berikut kami tampilkan perkiraan pemain yang akan di bawa Bert Van Marwijk ke piala eropa 2012:
Kiper: Maarten Stekelenburg (AS Roma), Tim Krul (Newcastle), Michel Vorm (Swansea).
Bertahan: John Heitinga (Everton), Hedwiges Maduro (Valencia), Jeffrey Bruma (Hamburg), Vurnon Anita (Ajax), Gregory van der Wiel (Ajax), Joris Mathijsen (Malaga), Erik Pieters (PSV).
Gelandang: Rafael Van Der Vaart (Tottenham), Nigel De Jong (Manchester City), Arjen Robben (Bayern Munchen), Mark Van Bommel (AC Milan), Eljero Elia (Juventus), Wesley Sneijder (Inter Milan), Kevin Strootman (PSV), Urby Emanuelson (AC Milan).
Penyerang: Robie Van Persie (Arsenal), Klaas-jan Huntelaar (Schalke 04), Ruud Van Nistelrooy (Malaga), Ibrahim Afellay (Barcelona), Dirk Kuyt (Liverpool).

JERMAN
Jerman adalah negara pemenang juara piala eropa terbanyak hingga saat ini yaitu tiga kali. Ketiga piala Euro tersebut di dapatkan di turnamen Euro 1972 (Jerman Barat), Euro 1980 (Jerman Barat) dan Euro 1996. Selain menjadi juara tiga kali, Jerman juga tiga kali masuk di final dan harus puas sebagai runner up yaitu Euro 1976. Euro 1992 dan Euro 2008.  Selain itu Jerman juga sekali menjadi semifinalis dan tiga kali kandas di babak grup. Dari statistik tadi bisa di lihat  kekuatan timnas Jerman di turnamen ini. Pelatih Joechim Loew di percaya untuk menangani timnas Jerman, Pelatih berkebangsaan Jerman ini pernah menjadi asisten Jurgen Klinsmann di piala dunia 2006. Prestasi tinmas Jerman membaik di tangan Joechim Loew walaupun ada kontroversi dimana Loew berani memutuskan untuk tidak membawa pemain senior Michael Ballack di Euro 2012 nanti. Pemain senior seperti Philip Lahm, Bastian Schweinsteiger, Per Mertescaker, Miroslav Klose dan Lukas Podolski masih di percaya untuk memimpin squad timnas Jerman yang tentunya juga di dukung oleh pemain muda seperti Mario Gotze, Mesut Ozil, Sami Khedira dan Jerome Boateng. Dengan adanya komposisi antara pemain senior dan pemain muda inilah yang membuat performa Jerman menjadi beda dengan Jerman dahulu yang di juluki tim panser. Permainan menyerang yang agak berbeda ini terbukti bermanfaat, hal ini bisa terlihat dari hasil yang mereka dapatkan selama kualifikasi yaitu menang 10 dengan memasukkan 34 goal dan hanya kebobolan 7 goal. Joechim Loew yang kontraknya akan habis 2014 ini juga di percaya oleh DFB untuk meregenerasi timnas Jerman dengan pemain muda U-21 yang selama 3 tahun belakangan ini banyak di promosikan oleh Loew. Berikut perkiraan susunan pemain yang di bawa oleh Loew untuk turnamen piala eropa 2012 nanti dimana banyak di dominasi oleh tim Bayern Munchen:
Kiper: Manuel Neuer (Bayern Munchen), Tim Wiese (Werder Bremen), Rene Adler (Bayer Leverkusen).
Bertahan: Holger Badstuber (Bayern Munchen), Jerome Boateng (Bayern München), Benedikt Howedes (Schalke 04), Mats Hummels (Borussia Dortmund), Philipp Lahm (Bayern Munchen), Per Mertesacker (Arsenal), Marcel Schmelzer (Borussia Dortmund), Christian Trasch (VFB Stuttgart).
Gelandang: Mario Gotze (Borussia Dortmund), Sami Khedira (Real Madrid), Toni Kroos (Bayern Munchen), Thomas Muller (Bayern Munchen), Mesut Ozil (Real Madrid), Marco Reus (Borussia Munchengladbach), Simon Rolfes (Bayer Leverkusen), Andre Schurrle (Bayer Leverkusen), Bastian Schweinsteiger (Bayern Munchen).
Penyerang: Mario Gomez (Bayern Munchen), Miroslav Klose (Lazio), Lukas Podolski (FC Koln).

DENMARK
Sepak terjang Denmark di turnamen piala eropa ini menghasilkan sebuah trophy yaitu tepatnya di Euro 1992, kala itu di final Denmark menang atas Jerman 2-0 dan sebelumnya di babak semifinal mengalahkan Belanda melalui drama adu penalti, sekarang ketiganya berada di satu grup untuk saling bertemu, apakah Denmark bisa mengulangi kesuksesan tahun 1992 ? Pada Euro 1992 Denmark masih di perkuat oleh Laudrup bersaudara yang menjadi legenda bagi sepakbola timnas Denmark tentulah berbeda dengan sekarang dimana Jerman dan Belanda juga sudah berbeda dari tahun 1992. Denmark juga pernah menjadi semifinalis di Euro 1984 dan Perempat Finalis di Euro 2004, selebihnya Denmark hanya puas di babak grup saja. Pelatih utama timnas Denmark Morten Olsen telah melatih Denmark sejak tahun 2000 dan menurutnya ini adalah turnamen terakhir baginya bersama Denmark, Morten menyarankan mantan asistennya di timnas Michael Laudrup untuk menggantikan posisinya usai Euro 2012 nanti. Pemain senior timnas Denmark seperti Martin Jorgensen, Dennis Rommendahl dan Christian Poulsen masih di perlukan jasanya untuk membantu Denmark di turnamen ini, tentunya dengan dukungan dari pemain muda seperti Niklas Bendtner dan Simon Kjaer untuk membantu sekaligus meregenerasi timnas Denmark. Denmark di grup ini menjadi kuda hitam karena di prediksikan tim lain di grup ini akan mencoba meraih poin penuh ketika berjumpa Denmark, menurut tim lain Denmark adalah tim terlemah di grup ini. Prediksi pemain yang akan di bawa ke Euro 2012 dari timnas Denmark adalah sebagai berikut:
Kiper: Thomas Sorensen (Stoke City FC), Stephan Andersen (Evian Thonon Gaillard FC), Anders Lindegaard (Manchester United).
Bertahan: Lars Jacobsen (FC Kobenhavn), Daniel Wass (Evian Thonon Gaillard FC), Andreas Bjelland (FC Nordsjaelland), Daniel Agger (Liverpool), Simon Kjaer (AS Roma), Simon Poulsen (AZ Alkmaar), Jores Okore (FC Nordsjaelland).
Tengah: Christian Poulsen (Evian Thonon Gaillard FC), Christian Eriksen (Ajax), Jakob Poulsen (FC Midtjylland), Lasse Schone (NEC Nijmegen), Michael Silberbauer (BSC Young Boys), Niki Zimling (Club Brugge), William Kvist (VfB Stuttgart), Martin Jorgensen (AFG).
Penyerang: Dennis Rommedahl (Brondby), Mads Junker (Roda JC), Michael Krohn-Dehli (Brondby), Nicklas Bendtner (Sunderland), Tobias Mikkelsen (FC Nordsjaelland).

PORTUGAL
Portugal di turnamen piala eropa ini belum sekalipun menjuarai turnamen ini, prestasi paling tinggi Portugal di turnamen ini adalah sebagai runner up atau finalis di Euro 2004, dimana di Euro 2004 mereka harus kalah dari Yunani di final 0-1 dan kesedihan itu bertambah karena mereka bermain di hadapan pendukungnya sendiri karena Portugal bertindak sebagai tuan rumah. Perjalanan Portugal di turnamen ini sering kandas di babak perempat final (Euro 1960, Euro 1996, Euro 2008) dan di semifinal (Euro 1984, Euro 2000). Timnas Portugal lebih banyak lolos dari babak grup jika mereka masuk ke turnamen final, bisakah Portugal lolos dari hadangan Belanda dan Jerman di grup ini ? minimal poin penuh harus di raih ketika berjumpa Denmark. Pelatih Portugal di turnamen piala eropa nanti adalah Paulo Bento yang menggantikan Carlos Querioz tahun 2010 silam. Prestasi Paulo Bento yang berkebangsaan Portugal adalah mempersembahkan tiga trophy bagi Sporting Lisbon. Pemain senior di timnas Portugal seperti Cristiano Ronaldo, Nani dan Joao Mountinho masih di percaya untuk memimpin squad ini yang juga dikombinasikan dengan beberapa pemain muda. Perkiraan Squad yang di bawa Portugal nanti di Euro 2012 adalah sebagai berikut:
Kiper: Beto (Cluj), Eduardo (Benfica), Rui Patricio (Sporting Lisbon).
Bertahan: Bruno Alves (Zenit St Petersburg), Fabio Coentrao (Real Madrid), Joao Pereira (Sporting Lisbon), Pepe (Real Madrid), Nelson (Real Betis), Ricardo Costa (Valencia), Rolando (Porto).
Tengah: Carlos Martins (Granada), Joao Moutinho (Porto), Manuel Fernandes (Besiktas), Miguel Veloso (Genoa), Raul Meireles (Chelsea), Ruben Micael (Real Zaragoza).
Penyerang: Cristiano Ronaldo (Real Madrid), Hugo Almeida (Besiktas), Helder Postiga (Real Zaragoza), Nani (Manchester United), Nelson Oliveira (Benfica), Ricardo Quaresma (Besiktas), Silvestre Varela (Porto).
Bagi rekan-rekan yang ingin mengetahuinya silahkan disimak karena mulai hari ini saya akan tulis seluruh profilnya dan perkiraan pemain yang akan dibawa oleh masing-masing negara peserta pada pesta olah raga sepak bola terbesar eropa tersebut.


GRUP A
Pada EURO 2012 Grup A terdiri dari Polandia, Yunani, Rusia dan Republik Ceko. Polandia sebagai tuan rumah akan di hadang di hadapan pendukungnya sendiri oleh 3 team yang pernah menjuarai turnamen ini masing-masing satu kali. Seluruh pertandingan di grup A akan di lakukan di negara Polandia tepatnya di kota Warsaw dan Wroclaw dengan dua stadion yang di sediakan yaitu National Stadium Warsaw dan Municipal Stadium Wroclaw. Masing-masing team akan saling bertemu sehingga tiap team akan bertanding 3 kali.

POLANDIA
Polandia di EURO 2012 ini adalah keikutsertaan ketiga kalinya di turnamen Piala Eropa ini, sebelumnya di tahun 1960 masuk hingga babak 16 besar dan di tahun 2008 hanya sampai di babak penyisihan grup. Di Euro 2008 Poland berada di grup B bersama Jerman, Kroasia dan Austria, di babak penyisihan grup ini Poland kalah dari Jerman 2-0, Seri dengan Austria 1-1 dan kalah Dari Kroasia 1-0 hingga menduduki posisi terakhir di grup tersebut. Pada EURO 2012 sebagai tuan rumah membuat Polandia ikut serta di turnamen ini, tentunya dengan dukungan dari supporter karena bermain sebagai tuan rumah akan membuat Polandia menjadi kuda hitam di Euro 2012 ini. Polandia di Euro 2012 dilatih oleh Franciszek Smuda dan Captain Jakub Błaszczykowski yang bermain di Borusia Dortmund. Perjalanan Polandia di turnamen ini di prediksikan akan berat, ini di karenakan Polandia adalah negara dengan rangking FIFA terendah dari semua peserta turnamen ini yaitu di peringkat 66 dunia. Pelatih Franciszek Smuda telah mencoba 67 pemain dalam 26 partai. Pemain Polandia yang diharapkan akan menjadi bintang dan membantu perjalanan Polandia adalah Robert Lewandowski striker 23 tahun yang bermain di Borusia Dortmund serta Pemain muda lainnya yaitu kiper utama Arsenal saat ini Wojciech Szczesny. Berikut ini prediksi susunan pemain yang di bawa ke Euro 2012.
Kiper: Wojciech Szczęsny (Arsenal), Łukasz Fabiański (Arsenal), Przemysław Tytoń (PSV Eindhoven).
Bek: Łukasz Piszczek (Borussia Dortmund), Marcin Wasilewski (Anderlecht), Damien Perquis (Sochaux), Sebastian Boenisch (Werder Bremen), Jakub Wawrzyniak (Legia Warszawa), Tomasz Jodłowiec (Polonia Warszawa), Grzegorz Wojtkowiak (Lech Poznań), Marcin Kamiński (Lech Poznań).
Gelandang: Dariusz Dudka (Auxerre), Ludovic Obraniak (Bordeaux), Adam Matuszczyk (Fortuna Düsseldorf), Sławomir Peszko (FC Köln), Eugen Polanski (Mainz), Jakub Błaszczykowski (Borussia Dortmund), Adrian Mierzejewski (Trabzonspor), Maciej Rybus (Terek Grozny), Sebastian Mila (Śląsk Wrocław).
Penyerang: Robert Lewandowski (Borussia Dortmund), Kamil Grosicki (Sivasspor), Ireneusz Jeleń (Lille).

Yunani
Yunani ikut serta di Euro telah tiga kali termasuk Euro 2012. Sebelumnya di Euro 2004 dan Euro 2008. Yunani menjuarai Euro 2004 di Portugal, setelah di Final menang atas tuan rumah 1-0, ini merupakan salah satu prestasi besar bagi Yunani. Di Euro 2008 Yunani hanya bertahan hingga babak penyisihan grup dimana Yunani berada di grup D bersama Spanyol, Swedia dan Russia. Selama babak penyisihan grup Yunani kalah 3 kali tanpa sekalipun memperoleh kemenangan dan harus puas di peringkat keempat Grup D setelah kalah dari Spanyol 1-2, dari Rusia 0-1 dan 0-2 dari Swedia. Keikutsertaan Yunani kali ini merupakan salah satu penghibur bagi rakyat negaranya karena krisis ekonomi yang melanda negara ini. Pelatih Fernando Santos di percaya untuk membawa squad Yunani di Euro 2012. Mayoritas pemain Yunani bermain di negaranya sendiri, Berikut kami tampilkan prediksi para pemain yang akan di bawa ke Euro 2012:
Kiper: Alexandros Tzorvas (Palermo), Michalis Sifakis (Aris), Orestis Karnezis (Panathinaikos).
Bek: Vasilis Torosidis (Olympiakos), Jose Holebas (Olympiakos), Sokratis Papastathopoulos (Werder Bremen), Kyriakos Papadopoulos (Schalke), Avraam Papadopoulos (Olympiakos), Nikos Spyropoulos (Panathinaikos), Stelios Malezas (PAOK), Loukas Vyntra (Panathinaikos).
Gelandang: Giannis Maniatis (Olympiakos), Grigoris Makos (AEK), Kostas Katsouranis (Panathinaikos), Giorgos Karagounis (Panathinaikos), Giannis Fetfatzidis (Olympiakos), Giorgos Fotakis (PAOK), Pantelis Kafes (AEK).
Penyerang: Fanis Gekas (Samsunspor), Georgios Samaras (Celtic), Dimitris Salpingidis (PAOK), Stefanos Athanasiadis (PAOK), Nikos Lymberopoulos (AEK).

Rusia
Rusia pernah menjuarai turnamen ini pada tahun 1960 ketika masih bernama Uni Sovyet. Setelah Uni Sovyet pecah dan berganti nama menjadi Rusia, hingga saat ini sudah 4 kali ikut serta pada piala eropa yaitu di Euro 1996, Euro 2004 dan Euro 2008. Di Euro 1996 Rusia harus berhenti di babak grup dimana saat itu berada di grup C bersama Italia, Jerman dan Rep Ceko, perjalanan di Euro 96 harus terhenti karena menduduki peringkat terbawah di grup C hasil dari dua kali kalah atas Italia dan Jerman serta seri dengan Rep Ceko. Di Euro 2004 langkah Rusia juga harus terhenti di babak grup A dengan kalah 2 kali atas Spanyol dan Portugal dan menang sekali atas Yunani hingga menjadi peringkat terakhir di grup tersebut. Di Euro 2008 perjalanan Rusia hingga semifinal, di babak penyisihan grup D bersama Spanyol, Yunani dan Swedia, Rusia menjadi runner up hasil dari dua kali menang atas Swedia dan Yunani serta kalah atas Spanyol, Di babak perempat final Rusia menang atas Belanda 3-1, di semifinal Rusia kalah atas Spanyol kembali 3-0. Pelatih asal Belanda Dick Advocaat di percaya untuk memimpin squad Rusia di Euro 2012, Roman Pavlyuchenko, Andrey Arshavin dan Alan Dzagoev adalah para pemain bintang yang akan membantu dan memberi nilai lebih untuk team Rusia. Berikut kami tampilkan perkiraan pemain yang akan di bawa ke Euro 2012 :
Kiper: Igor Akinfeev (CSKA Moscow), Vyacheslav Malafeev (Zenit), Vladimir Gabulov (Anzhi Makhachkala).
Bek: Alexander Anyukov (Zenit), Alexei Berezutsky, Vasily Berezutsky, Sergei Ignashevich (all CSKA Moscow), Yuri Zhirkov (Anzhi Makhachkala), Roman Shishkin (Lokomotiv Moscow).
Gelandang: Diniyar Bilyaletdinov, Dmitry Kombarov (both Spartak Moscow), Denis Glushakov (Lokomotiv), Igor Denisov, Konstantin Zyryanov, Roman Shirokov (all Zenit); Alan Dzagoev (CSKA); Igor Semshov (Dynamo Moscow), Alexander Samedov (Dynamo Moscow).
Penyerang: Andrey Arshavin (Zenit); Alexander Kokorin (Dynamo); Roman Pavlyuchenko (Lokomotiv); Alexander Kerzhakov (Zenit); Pavel Pogrebnyak (Fulham)
.
Republik Ceko
Republik Ceko pernah menjuarai kejuaran ini pada tahun 1976 ketika masih bernama Cekoslovakia. Setelah pecah menjadi Republik Ceko telah 4 kali berturut-turut mengikuti turnamen ini yaitu pada tahun 1996, 2000, 20004 dan 2008. Di Euro 96 Ceko masuk hingga ke final, Di final Ceko kalah dari Jerman 2-1. Di Euro 2000 perjalanan Ceko terhenti di babak penyisihan grup setelah Kalah 1-0 dari Belanda dan kalah 2-1 dari Perancis serta menang dari Denmark 2-0, peringkat ketiga di babak grup ini membuat Ceko harus pulang lebih cepat. Di Euro 2004 Ceko harus puas hingga semifinal dimana di semifinal harus kalah dari Yunani 1-0 yang kemudian menjadi juara di turnamen tersebut. Di Euro 2008 kembali Ceko harus kandas di babak penyisihan grup dengan hasil menang sekali atas Swiss dan kalah dari Portugal dan Turki. Michel Bilek menjadi pelatih utama untuk team Republik Ceko di Euro 2012. Pemain bintang dari Republik Ceko yaitu Petr Cech, Michal Kadlec dan Tomas Rosicky di perlukan untuk mencapai hasil yang maksimal di Euro 2012. Berikut kami tampilkan perkiraan pemain yang akan dibawa ke Euro 2012.
Kiper: Petr Čech (Chelsea), Jaroslav Drobný (Hamburger), Jan Laštůvka (Dnipro Dnipropetrovsk).
Bek: Jan Rajnoch (Sivasspor), Tomáš Sivok (Beşiktaş), Theodor Gebreselassie (Slovan Liberec), Roman Hubník (Hertha Berlin), Daniel Pudil (Cesena), Michal Kadlec (Bayer Leverkusen), Zdeněk Pospěch (Mainz), František Rajtoral (Viktoria Plzeň).
Gelandang: Tomáš Rosický (Arsenal), Petr Jiráček (Wolfsburg), Tomáš Hübschman (Shakhtar Donetsk), Daniel Kolář (Viktoria Plzeň), Jaroslav Plašil (Bordeaux), Jan Rezek (Anorthosis Famagusta), Václav Pilař (Viktoria Plzeň), Milan Petržela (Viktoria Plzeň).
Penyerang: Milan Baroš (Galatasaray), David Lafata (FK Jablonec), Tomáš Necid (CSKA Moscow), Tomáš Pekhart (Nürnberg).
Sumber informasi : agenliga.com dan uefa.com

0 komentar:

Post a Comment

Pengunjung yang baik akan selalu meninggalkan komentar.