Mengapa Harus Takut Dengan Ujian Nasional (UN)?


 
Aneh ya sekarang ini menghadapi Ujian Nasional (UN) para siswa merasa ketakutan. Padahal UN diciptakan untuk mengetahui standar penyerapan ilmu di bangku sekolah apakah terserap dengan baik materi pelajaran yang diajarkan guru pada siswa yang ujung-ujungnya adalah dapat meningkatkan kemampuan dan akhirnya meningkarkan kualitas pendidikan negeri ini.
Tapi yang terjadi adalah UN dijadikan momok yang menakutkan . Sehingga banyak cara dilakukan siswa dalam menghadapi UN, ada yang doa bersama, berkunjung ke makam bahkan mungkin kedukun yang lebih parah lagi adalah berlaku curang membocorkan soal-soal UN.
Sebenarnya persiapan menghadapi UN dengan belajar, berdoa pada akhirnya meminta pada Allah Swt yang maha kuasa. Perlu juga di telusuri bagaimana proses belajar mengajar selama ini di bangku sekolah. Karena ada beberapa sebab menurut saya yang menjadi pemicu hal ini:
  1. Soal UN terlalu tinggi dari pelajaran yang di dapat siswa di sekolah sehingga siswa kesulitan menyelesaikannya.
  2. Proses belajar mengajar yang berjalan tidak sesuai  dengan seharusnya. Hal ini dapat diakibatkan karena kualitas guru yang belum memenuhi standar yang diharapkan , atau siswanya yang tak serius menerima pelajaran contohnya lagi guru menerangkan siswa sibuk update status FB atau twitter jadi tak dapatlah pelajaran.
  3. Sarana pendidikan dan geografis yang tidak merata terutama didaerah terpencil sering menjadi masalah .
 
Tetapi apapun hambatan dan masalahnya kita tetap harus maju, karena hal ini menjadi sarana mencerdaskan bangsa. Dengan meningkatnya kualitas pendidikan maka otomatis kualitas Sumber daya manusia kita akan meningkat, yang akhirnya negeri kita akan maju mengejar Negara-negar tetangga kita yang telah maju. Para siswa sudah tak zamannya lagi kita berleha-leha terlena dengan kemalasan, Negara kita terpuruk karena kemalasan kita masa lalu, tantangan masa depan lebih keras jadi butuh energi dan tantangan yang lebih keras. Jadi mulai sekarang marilah kita bersikap optimis menghadapi masa depan.
Sebenarnya dari  belajar mengajar yang penting adalah proses bukan hasil instant. Sudah kita lihat negeri ini yang suka proses instant hanya menghasilkan hasil instant yang ujung-ujungnya menimbulkan kecurangan dan korupsi dimana-mana.
Jika proses belajar mengajar ini kita ikuti sebenarnya kita belajar menyelesaikan masalah-masalah yang timbul di pekerjaan maupun di lingkungan. Saran saya adik siswa janganlah takut akan UN , belajar giat, berdoa dan berusaha keras adalah jawabnya. Karena kita harus takut dan yakin kepada Yang Maha Kuasa karena dengan kehendaknya semua baru bisa terjadi. Selamat menghadapi UN dan semoga sukses dan meraih hasi dan masa depan cerah. Tetaplah optimis dan berdoa.

1 komentar:

  1. Menghadapi Ujian Nasional seharusnya memang tak perlu takut, pasalnya kota harus siap dalam menghadapinya dengan berbagai persiapan belajar yang matang jauh-jauh hari.

    ReplyDelete

Pengunjung yang baik akan selalu meninggalkan komentar.