Penyatuan Zona Waktu di Indonesia


Zona waktu Indonesia sekarang terbagi menjadi 3 bagian zona waktu meliputi barat . tengah dan timur. Zona waktu bagian barat meliputi Sumatera, Jawa dan sebagian Kalimantan, Zona waktu tengah meliputi sebagian Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara. Sedangkan zona waktu timur meliputi Maluku , Papua. Akibat pembagian zona waktu ini Negara kita seperti terbagi atas Indonesia bagian barat dan timur.

     Adanya wacana penyatuan zona waktu di Indonesia menimbulkan pro dan kontra dari berbagai kalangan. Kalangan dunia usaha mendukung rencana ini karena akan menimbulkan dalam efisiensi waktu. Selama ini karena perbedaan zona waktu wilayah zona waktu timur hanya memiliki efektif waktu 4 jam perhari yang sama dengan zona waktu barat. Zona penyatuan waktu ini akan memakai satu zona waktu tunggal yang dipilih yaitu zona waktu tengah sebagai waktu acuannya, sehingga akan ada keseragaman waktu di seluruh Indonesia. Jadi zona waktu kita akan sama dengan Singapura, Malaysia, Australia.

     Penyatuan Zona waktu ini di proyeksikan akan menimbulkan efisiensi nasional, karena pelayanan birokrasi akan serentak secara Nasional yang akan sama di titk bumi manapun di Indonesia. Karena penyatuan zona wktu ini akan menyatukan persepsi dan negara ini. Menko ekonomi Hatta Rajasa mendukung gagasan ini. Karena mungkin akan mendukung kemajuan pembangunan ekonomi.

     Bagi kita apapun yang di titahkan pemerintah asal dengan niat tulus memajukan Negara dan rakyat pasti di dukung, siapa sih yang tak mau Negara ini maju tidak seperti sekarang Cuma maju du korupsinya aja?
    

0 komentar:

Post a Comment

Pengunjung yang baik akan selalu meninggalkan komentar.