5 Plugin Mobile Pilihan untuk WordPress

By ,
Setiap hari tantangan demi tantangan terus menghadang membuat kita menjadi lebih dewasa, baik dalam bersikap maupun menyikapi sesuatu. Tantangan takkan pernah berhenti sampai kita mati.
Demikian pula dengan media online tidak terkecuali blog berbasis wordpress menghadapi tantangan demi tantangan dengan hadirnya berbagai macam platform dan sistem operasi termasuk diantaranya mobile internet, dimana semua orang bisa mengakses internet dengan menggunakan perangkat mobile mereka seperti handphone, blackberry, ipad, iphone, dll.

Blog berbasis wordpress diharuskan mampu bersaing dengan media online lainnya agar dapat “jatah kunjungan” dari internet user yang datang dengan peralatan komunikasi mereka.
Oleh karena itulah para plugins developer membuat berbagai macam plugin yang membuat blog wordpress mampu mendeteksi sistem operasi yang membuka blog tersebut guna menghadapi tantangan di atas.
Berikut ini saya coba hadirkan 5 plugin mobile pilihan untuk blog wordpress untuk mobile, sehingga blog wordpress Anda mampu dibuka dengan berbagai macam sistem operasi seperti Android, iOS, Symbian, Blackberry dan lain sebagainya.
1. WP Mobile Detector
Plugin ini secara otomatis mendeteksi jika pengunjung blog Anda menggunakan handphone biasa, smartphone, blackberry dan lainnya dan membuat tampilan blog wordpress Anda kompatible pada perangkat mobile pengunjung.
Plugin ini dilengkapi dengan statistik pengunjung yang memungkinkan Anda melihat data statistik pengunjung menggunakan perangkat apa saat mengunjungi blog Anda.
Theme atau design tampilan mobile pun dapat Anda pilih di menu Mobile Theme pada dashboard plugin ini. Plugin ini mendukung Admob by Google jika Anda ingin menyisipkan iklan sebagai penghasilan tambahan.
Info selengkapnya : http://wordpress.org/extend/plugins/wp-mobile-detector/
2. WordPress Mobile Pack
Bisa jadi plugin ini yang mempunyai kelengkapan yang lumayan untuk ukuran plugin wordpress mobile. Plugin ini memiliki ponsel switcher, theme, widget dan juga ponsel panel admin.
Plugin ini pun cocok untuk WPMU atau wordpress berbasis sosial network menggunakan Buddypress.
Pastikan folder plugin dan themes pada wp-content Anda writable untuk menginstal plugin WordPress Mobile Pack ini.
Info selengkapnya : http://wordpress.org/extend/plugins/wordpress-mobile-pack/
3. WordPress Mobile Edition
Seperti halnya plugin lain, plugin satu ini pun dirancang untuk mendeteksi perangkat mobile ketika pengunjung datang ke blog Anda dengan menggunakan perangkat mobile mereka. Browser mobile yang digunakan secara otomatis terdeteksi, adapun daftar mobile browser dapat disesuaikan pada plugin setting.
Info lebih lanjut : http://wordpress.org/extend/plugins/wordpress-mobile-edition/
4. IamMobiled Mobile
Plugin Handphone IamMobiled memungkinkan pengguna ponsel Anda untuk melihat tema mobile blog Anda. Disuntik dengan theme khusus bernama  “Blue Heart”.
Fitur utama plugin ini diantaranya; 1) Tema Handphone “Blue Heart”. 2) pendeteksi browser ponsel Otomatis. 3) Penyesuaian gambar untuk ukuran ponsel. 4) Bisa digunakan untuk monetize menggunakan Admob. 5) Optimalisasi ponsel touch screen. 6) Pengunjung bisa meninggalkan komentar. 7) Pengunjung dapat melakukan pencarian content blog.
Info lebih lanjut: http://wordpress.org/extend/plugins/iammobiled-mobile/
5. Mobile Domain
Plugin satu ini mungkin yang paling banyak diminati, kenapa? karena domain yang ditampilkan pada mobile browser lebih terlihat profesional. Dengan plugin ini Anda diharuskan membuat subdomain untuk mengarahkan pengguna mobile browser saat mengakses blog Anda, misal domain Anda domain.com menjadi m.domain.com.
Hanya saja Anda perlu perhatian ektra mengikuti petunjuk cara instalasi plugin satu ini.
Info lebih lanjut : http://wordpress.org/extend/plugins/mobile-domain/
Demikian 5 plugin mobile untuk wordpress. Masih banyak sebenarnya plugin mobile yang kompatible untuk blog wordpress Anda. Jika Anda sudah menggunakan plugin ponsel wordpress yang berbeda dari ke-5 di atas silakan share pada komentar. Thanks!

0 komentar:

Post a Comment

Pengunjung yang baik akan selalu meninggalkan komentar.