Kiat Sukses? Beranilah Ambil Risiko


Persaingan yang sengit dalam dunia kerja membuat banyak orang ingin mengamankan posisinya masing-masing dan takut mengambil risiko. Padahal "bermain aman" sebenarnya berdampak buruk pada jangka panjang.

Kaum wanita biasanya adalah kelompok yang paling takut mengambil risiko. Sebenarnya secara genetik para wanita memang lebih jarang mengambil risiko dibanding pria, mereka cenderung menikmati zona nyaman yang sudah dimilikinya.

Ada beberapa alasan mengapa keberanian mengambil risiko bisa membawa kita pada kesuksesan.

1. Munculnya peluang besar
Kita cenderung melihat risiko secara negatif, karena dianggap berbahaya dan tidak bijaksana. Meski beberapa risiko memang demikian adanya, tapi sebagian besar kesempatan dan peluang besar baru muncul setelah kita mengambil risiko.

2. Lebih percaya diri
Kesempatan untuk belajar hal baru dan peran yang lebih menantang akan muncul setelah kita berani mengambil risiko. Kita pun juga menjadi lebih percaya diri.

3. Belajar dari risiko
Selain manfaat positif yang datang dari luar, sebenarnya dengan berani mengambil risiko kita juga mengalami perkembangan dalam diri. Kita jadi terlatih untuk mempercayai insting dan lebih bersemangat membuktikan pada orang lain kita mampu melakukan hal yang dianggap tidak mungkin.

4. Sukses harus diraih
Berani mengambil risiko mungkin adalah langkah pertama yang harus dilakukan untuk sukses. Dengan mengambil langkah lebih awal dari orang lain, kita akan bertemu dengan kemungkinan-kemungkinan tak terduga, termasuk potensi tersembunyi.

5. Harus penuh perhitungan
Jangan pernah takut untuk gagal. Namun tetap saja Anda harus menyiapkan diri agar sukses menaklukan tantangan. Anda tak cukup hanya memiliki ide tanpa melihat seluruh prosesnya dan menganalisa seperti apa hasil akhirnya.


Penulis: Lusia Kus Anna

2 komentar:

  1. Artikel yang menarik gan... saya slalu menunggu update terbaru .

    ReplyDelete
  2. sukses sih pengen, tapi saya belum percaya diri :(

    ReplyDelete

Pengunjung yang baik akan selalu meninggalkan komentar.