5 Jurus Jitu Awet Muda

Memperlambat dan mencegah proses penuaan dini. Itulah yang diupayakan oleh eAnti-Aging Center. Caranya ialah dengan mempertahankan usia biologis agar sesuai dengan umur seseorang. Dengan begitu Anda telah mencegah sejak dini terjadinya penyakit yang mungkin diderita di usia senja. Dr Maria Sulindro ABAAM, pimpinan eAnti-Aging Center Amerika Serikat mengatakan, ada banyak masalah kesehatan yang berkaitan erat dengan usia. Beberapa di antaranya ialah hipertensi, stroke, jantung, diabetes, oesteo-arthritis, oesteoporosis, komplikasi obat, serta kanker. 

Untuk melakukan program anti-aging, Anda butuh bantuan seorang konsultan atau dokter yang menguasai anti-aging. Mereka akan memberikan program tersendiri bagi tiap individu. Sebab, kondisi seseorang dengan orang lainnya tentu berbeda. Karenanya, pendekatan yang diterapkan juga berbeda. Meski begitu, secara mendasar tiap orang dapat menerapkan lima pilar utama yang telah terbukti secara klinis dapat menunda penuaan dini. 

Pilar pertama ialah suplementasi yang optimal. ''Suplemen anti-aging terbukti dapat mencegah dan memperlambat proses penuaan. Untuk itulah tiap orang perlu asupan suplementasi yang optimal,'' ungkap Maria. Dengan asupan campuran yang tepat dan kaya akan anti-oksidan, maka radikal bebas dalam tubuh bisa diberantas. Tubuh pun menjadi lebih kebal dan bekerja lebih baik. Aneka jenis vitamin, mineral, dan herbal juga penting untuk dikonsumsi. Konsumsi vitamin yang mencukupi menurut hasil penelitian terbukti dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Vitamin C mampu mengurangi risiko tersebut hingga 50 persen. Sementara kemampuan vitamin E sebesar 33 persen dan beta carotene mencapai 30 persen. 
Pilar kedua, olah tubuh yang tepat. Orang yang rutin berolah raga cenderung hidup lebih lama. Mereka juga lebih aktif, ceria, dan lebih tangkas. Hal itu bisa diraih tentunya dengan jenis dan frekuensi latihan yang tepat. Agar menyenangkan sekaligus membuat bugar, yang Anda perlukan ialah olah tubuh yang memang senang Anda lakukan dan sesuai dengan kebutuhan fisik Anda. Secara umum, program anti-aging mencakup latihan yang menyehatkan jantung dan berorientasi pada ketahanan tubuh. Ciri khas latihannya terletak pada fleksibilitasnya. 

Pilar ketiga, anti-aging diet. Ini adalah program penyadaran diri tentang apa yang kita konsumsi dan bagaimana pengaruhnya terhadap kesehatan tubuh. ''Kesuksesan diet, 70 persen dipengaruhi oleh gaya hidup. Sementara 30 persen sisanya berasal dari nutrisi yang diberikan pada tubuh,'' ungkap Maria. Dalam sudut pandang anti-aging, berat badan yang sehat bagi seseorang justru 5-10 persen lebih rendah daripada berat badan ideal. Anda dapat mencapainya dengan membatasi kalori, menghindari gula, makan pada saat lapar, dan berhenti sebelum kenyang. 

Pilar keempat, teknik pengurangan stres. Program yang satu ini mencakup pengelolaan stres fisik dan mental. Belajar menghadapi hal-hal yang memicu stres fisik dan mental, mencari cara untuk relaksasi, serta memberikan kesempatan bagi tubuh dan pikiran untuk beristirahat merupakan kunci utama program ini. 
Pilar kelima, pengayaan hormon alamiah. Fokus program anti-aging adalah mencari tahu apa yang terjadi pada usia biologis manusia. Lebih spesifik lagi, tentang penurunan produksi hormon di dalam tubuh. 

Red: Endah Hapsari






0 komentar:

Post a Comment

Pengunjung yang baik akan selalu meninggalkan komentar.