4 Pria Beristri Terbanyak di Dunia








Poligami hingga saat ini masih menjadi pro dan kontra kendati para raja-raja di mana pun di dunia pada zaman dulu lazim memiliki selir. Pelakunya juga dari berbagai macam agama dan bangsa. Di masa kini, poligami juga terus ada, bahkan pelaku poligami modern bisa memiliki puluhan hingga ratusan istri. Jadi, seberapa banyak ukuran banyak istri itu? Siapa saja mereka?

Berikut adalah pria-pria beristri terbanyak di masa modern, dari berbagai sumber



1. Ziona Chana
Ziona Chana (67), seorang tukang kayu dari India, memiliki 39 istri. Dari semuanya, Chana menurunkan 94 anak yang kini sudah berkembang menjadi 33 cucu. Semua anggota keluarganya ditempatkan dalam satu rumah yang besar, bertingkat 5 dengan 100 kamar. Rumah itu diberi nama 'Chhuanthar Run' yang berarti 'rumah dari generasi baru', terletak di suatu bukit di Desa Baktawng di negara bagian Mizoram, India.

Chana merupakan keturunan pemimpin Sekte Chana, Challian Chana, yang percaya bahwa suatu hari mereka akan mengatur dunia bersama Kristus. Kakek Chana sendiri yang mengizinkan bahwa pria boleh memperistri sesuka mereka, demikian dilansir dari The Sun, Februari 2011.

Menurut pengakuan anak sulungnya, Parliana, ayahnya menikahi perempuan-perempuan miskin dan yatim piatu, dan untuk merawat mereka. Istri-istri itu yang mengurusi rumah tangga Chana, mengurus anak, hingga kebutuhan-kebutuhan pribadi Chana. Makan adalah saat penting di mana para istri memasak berjam-jam karena banyaknya bahan baku yang dimasak, seperti halnya dapur masak militer.

Para istri itu rukun satu sama lain. Mereka merasa bangga, beruntung dan menganggap Chana pria tertampan di desa itu.  Sementara anak-anak dan cucunya, semua menjadi tukang kayu membantu usaha Chana. Kendati demikian, Chana berencana tetap akan menikah lagi.

"Untuk memgembangkan sekte saya, saya berencana pergi ke AS untuk menikah lagi," kata dia.


 
2. Warren Jeffs Warren Jeffs, adalah petinggi gereja Fundamentalist Church of Jesus Christ of Latter-Day Saints (FLDS), sempalan gereja Mormon, yang beristri 80 orang dan beranak serkitar 250 orang.

Jeffs pada tahun 2006 masuk 10 besar orang paling diburu oleh Federal Beaureu Investigation (FBI)  karena kabur menghindari tuntutan jaksa Utah, Arizona. Jeffs saat itu menghadapi tuntutan pernikahan ilegal dengan beberapa pengikutnya yang perempuan baik yang sudah dewasa maupun yang masih di bawah umur.

Jeffs mengajarkan pada pengikutnya bahwa setiap manusia harus memiliki sedikitnya 3 istri dan untuk mencapai kemuliaan di surga. Dan para perempuan hanya dapat masuk surga bila bisa memuaskan suaminya.

Jeffs dan ayahnya Rulon, yang memegang tampuk kepemimpinan di FLDS selama total 20 tahun telah memiliki pengikut 50 ribu dan memiliki kekayaan 60 juta Pounds baik dalam bentuk tunai dan properti. Pemerintah setempat makin curiga karena perempuan yang dinikahi Jeffs berusia makin muda dan di bawah umur.

Akhirnya pada Agustus 2006, Jeffs ditangkap di Nevada dan menjalani persidangan. Pada Mei dan Juli 2007, negara bagian Arizona mendakwanya dengan 7 dakwaan, termasuk kelainan seksual dan inses. Pada 2011, Jeffs dijatuhi 2 dakwaan atas kejahatan seksual berat.

Jeffs pun divonis 20 tahun penjara dengan denda US$ 10 ribu atas kejahatan seksual pada gadis berusia 12 dan 15 tahun.


  
 
 
3. Bello Maasaba
Bello Maasaba, merupakan pria asal Nigeria yang berprofesi sebagai pengobat. Dia memiliki 107 istri dengan 165 anak. Namun 9 di antara istrinya meninggal dunia dan lusinan istri lainnya sudah dicerainya. Alhasil kini dia tinggal memiliki 86 istri.

Maasaba yang beragama Islam itu menyalahi anjuran poligami di dalam Islam yang maksimal 4 istri dalam satu waktu. Gara-gara ini Pengadilan Islam meminta Maasaba menceraikan istri-istrinya dan menyisakan 4 istri saja. Namun karena Maasaba menolak, dia pun mendekam di dalam penjara.

Demikian seperti dilansir dari Sydney Morning Herald (SMH) dan newsone pada Mei 2011.

Maasaba hidup di Kota Bida, Nigeria, di rumah yang memiliki 89 kamar.

Kenapa menikah begitu banyak? "Saya mendapatkan wahyu dari Tuhan tentang perempuan-perempuan yang saya nikahi. Jika bukan karena Tuhan, saya tak beristri lebih dari dua," kata Maasaba.


 
 
4. Ancentus Akuku
Ancentus Akuku adalah seorang pria Kenya yang memiliki istri sekitar 100 orang dan 200 anak. Akuku mulai menikah pada tahun 1939 dan menjadi poligamis pada umur 22 tahun, dan berhenti menikah pada tahun 1992.

Dari sekitar 100 istrinya, 85 istri di antaranya diceraikan karena ketidaksetiaan mereka dan 12 di antaranya meninggal dunia, demikian seperti dilansir ABC News, Oktober 2010 lalu.

Akuku memiliki nama panggilan 'Danger' yang berarti berbahaya. Ya, pria ini berbahaya karena begitu mudahnya perempuan terpikat atas ketampanannya. Pria ini sangat terkenal di Kenya karena banyaknya istri.

Akuku mengatakan dia sampai mendirikan 2 SD untuk menyekolahkan anak-anaknya, dan membangun gereja untuk tempat beribadah mereka. Akuku juga bertanggung jawab untuk menamai semua anak-anaknya.

Akuku telah meninggal dunia pada 3 Oktober 2010 lalu dalam usia 94 tahun.



0 komentar:

Post a Comment

Pengunjung yang baik akan selalu meninggalkan komentar.