Profil Lengkap Mario Götze


 
Mario Götze (lahir di Memmingen, Jerman, 3 Juni 1992; umur 20 tahun) adalah pemain sepak bola profesional berkebangsaan Jerman yang bermain sebagai gelandang serang untuk Borusia Dortmund di Bundesliga dan tim nasional Jerman.
Götze dapat pula bermain sebagai gelandang tengah dan gelandang sayap. Ia digadang-gadang bakal menjadi pemain kelas dunia karena kecepatan, kemampuan teknik, dan kreatifitas yang dimilikinya. Matthias Sammer menyatakan Götze sebagai "salah satu talenta terbaik yang Jerman pernah miliki."

  •  

Karier klub

Borussia Dortmund

Götze adalah produk dari akademi sepak bola Borusia Dortmund dengan bergabung klub tersebut saat berusia 8 tahun. Ia membuat debut liga ketika masuk sebagai pemain pengganti saat menghadapi 1. FSV Mainz 05, pada 21 November 2009. Pada musim kompetisi 2010–11, pelatih Jürgen Klopp mempromosikan Götze ke skuat utama Dortmund karena Shinji Kagawa mengalami cedera parah dan tidak dapat bermain sepanjang musim. Götze tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut, ia menjadi pemain penting dalam membawa Dortmund meraih gelar juara Bundesliga 2010–11. Ia berhasil mencetak 6 gol dan 15 assist, yang menjadikannya pemain usia 18 tahun terbaik di Bundesliga sejak musim 2004–05.
Götze mencetak satu gol dan dua assist saat kemenangan 3–1 atas Hamburger SV, di pertandingan pertama Bundesliga musim 2011–12, pada 5 Agustus 2011. Pada 27 Maret 2012, Götze menandatangani kontrak baru yang mengikatnya bersama Dortmund hingga tahun 2016.

Karier Internasional

Götze membuat debut bagi timnas senior Jerman saat menghadapi Swedia dengan masuk sebagai pemain pengganti, pada 17 November 2010.[] Penampilan tersebut menjadikannya sebagai pemain timnas senior Jerman termuda yang pernah tampil sejak Uwe Seeler. Götze dan André Schürrle yang masuk bergantian pada laga tersebut menjadi dua pemain timnas senior Jerman pertama yang lahir setelah reunifikasi Jerman. Ia membuat penampilan kedua bagi timnas Jerman saat menghadapi Italia di partai persahabatan pada 9 Februari 2011.
Götze mencetak gol pertamanya bagi timnas Jerman saat kemenangan 3–2 atas Brasil di partai persahabatan pada 10 Agustus 2011. Gol tersebut, yang ia cetak saat usianya 19 tahun 68 hari, menjadikan Götze bersama Klaus Stürmer sebagai pencetak gol termuda bagi timnas senior Jerman setelah masa perang dunia. Götze mencetak gol keduanya bagi timnas Jerman saat kemenangan 6–2 atas Austria pada 2 September 2011.

Kehidupan pribadi

Ayahnya, Jürgen Götze adalah salah seorang profesor di Dortmund University of Technology. Kakaknya, Fabian Götze juga pemain sepak bola profesional yang kini bermain untuk VfL Bochum II.

Prestasi

Klub

Borussia Dortmund

Internasional

Jerman U17
  • Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA U–17 : 2009

Individual

  • Medali Emas Fritz-Walter-Medal 2009 (Kategori U17)
  • Medali Emas Fritz-Walter-Medal 2010 (Kategori U18)
  • Anggota Tim Terbaik Bundesliga 2010–11 versi majalah Kicker
  • sumber: wikipedia

2 komentar:

  1. sayang gak masuk inti TIMNAS JERMAN

    ReplyDelete
  2. Masih perlu jam terbang yang lebih banyak untuk mendapatkan kepercayaan pelatih.

    ReplyDelete

Pengunjung yang baik akan selalu meninggalkan komentar.