Italia Melangkah ke Final EURO 2012



Inilah sepakbola, drama akhir Tim panser yang begitu perkasa di babak penyisihan  memperpanjang rekor kekalahannya atas Italia di laga resmi dan gagal mengalahkan sejarah.
Sebuah hadiah  penalti Mesut Ozil di penghujung babak kedua hanya mampu membawa Jerman memperkecil kekalahan. Italia pun lolos ke babak final berkat kemenangan 2-1

Sejak awal pertandingan Jerman dan Italia sama-sama berinisiatif menyerang. Tim Azzurri mendapat peluang awal ketika pergerakan Mario Balotelli  yang bergaya unik yang dengan sigap menerima umpan terobosan Riccardo Montolivo ke depan area gawang Manuel Neuer. Namun, Neuer dengan sigap mengamankan bola maka selamatlah gawang Jerman.
   
Tidak lama, giliran gawang Gianluigi Buffon yang terancam menyusul sepak pojok Jerman. Bola mengarah tepat ke Mats Hummels yang berada tepat di depan gawang. Tanpa pikir panjang, Hummels meneruskan bola ke gawang Buffon. Namun, bola ternyata membentur Andrea Pirlo yang berdiri di depan gawang.

Meski sedikit kesulitan membendung serangan Jerman, anak-anak asuh Cesare Prandelli kembali membuka peluang ketika umpan cantik Daniele De Rossi menemukan Balotelli di ujung kotak penalti Der Panzer. Akan tetapi, kawalan ketat Hummels menyulitkan Balotelli melakukan serangan berbahaya.

Italia nyaris kebobolan ketika Jerome Boateng melepaskan umpan silang cantik ke depan gawang Buffon. Kiper Juventus berhasil menepis bola, namun bola jatuh ke kaki Barzagli yang nyaris mencetak gol bunuh diri. Beruntung, arah bola masih melebar.

Berupaya lepas dari tekanan Jerman, Azzurri pun balik menyerang. Kerja sama Antonio Cassano dan Claudio Marchisio berhasil memberikan bola kepada Montolivo yang melepaskan tendangan spekulasi dari luar kotak. Tapi, Neuer masih sigap menangkap bola.

Beberapa saat kemudian, Cassano sendiri nyaris membuka keunggulan Italia lewat tendangan melengkungnya. Namun, aksi penyelamatan Neuer berhasil menjaga kedudukan 0-0.

Sayangnya, Neuer tidak mampu menghentikan tandukan Balotelli di menit 20 yang akhirnya membuahkan gol bagi Azzurri. Berawal dari operan Pirlo kepada Giorgio Chiellini, bek Juventus menemukan Cassano di samping kotak penalti. Cassano melepaskan umpan matang kepada Balotelli yang sukses mengungguli penjagaan Holger Badstuber. 1-0 untuk Italia.

Pasukan Joachim Low sempat kesulitan bereaksi terhadap keunggulan Italia. Namun, mereka kembali menciptakan peluang di menit 26, di mana Mario Gomez memberikan umpan jauh kepada Mesut Ozil di tepi kotak. Ozil berupaya melepaskan tembakan ke gawang, namun tendangannya masih terlalu lemah sehingga dengan mudah diamankan Gianluigi Buffon.

Tidak lama, Toni Kroos sempat melambungkan asa suporter Der Panzer lewat tendangan kerasnya dari luar kotak. Sayang, bola masih melebar di sisi gawang.

Jerman kembali mendapat peluang emas di menit 33 ketika Boateng melepaskan umpan silang cantik kepada Lukas Podolski yang berhasil merangsek ke depan gawang. Akan tetapi, Andrea Balzaretti berhasil membuang bola sebelum striker anyar Arsenal tersebut menuntaskan peluang untuk  menyamakan kedudukan bagi Jerman.

Terlalu asyik menyerang, Jerman nyaris kebobolan untuk kedua kalinya lewat Montolivo. Berawal dari pergerakan Cassano di kotak penalti, penyerang AC Milan mengoper bola kepada rekan seklubnya Montolivo yang sebenarnya memiliki peluang emas mencetak gol. Namun karena keraguan Montolivo menendang bola memungkinkan Badstuber melakukan penyelamatan krusial.

Akan tetapi, Montolivo membayar kegagalannya itu dengan melepaskan umpan matang kepada Balotelli yang berhasil melewatijebakan offside dan hadangan pemain bertahan Jerman. Striker Manchester City menyelesaikan serangannya dengan tendangan kencang yang gagal diantisipasi oleh Neuer sekaligus membawa Italia memimpin 2-0 yang bertahan hingga turun minum. Andrea Pirlo menjadi pemain terbaik dalam laga semifinal ini.
Susunan pemain
Italia (4-3-1-2): Buffon; Balzaretti, Barzagli, Bonucci, Chiellini; De Rossi, Pirlo, Marchisio; Montolivo; Cassano, Balotelli
Jerman (4-2-3-1): Neuer; Boateng, Hummels, Badstuber, Lahm; Schweinsteiger, Khedira; Kroos, Ozil, Podolski; Gomez

0 komentar:

Post a Comment

Pengunjung yang baik akan selalu meninggalkan komentar.