paytrenmillionaire.com

Cara Memasang Google Analytics di WordPress

Google Analytics merupakan salah satu layanan dari Google untuk melacak trafik blog. Layanan gratis ini menginformasikan bagaimana pengunjung menemukan dan berinteraksi dengan blog kita. Nah, bagi Anda yang punya blog wordpress (bukan wordpress.com) dan belum tahu cara memasang Google Analytics, di bawah ini cara-cara memasangnya secara manual.
Memang ada cara memasang Google Analytics dengan plugin. Namun, dalam postingan ini saya menginformasikan cara memasngnya secara manual. Dengan menggunakan cara tersebut, saya berhasil memasang google analytics di dua blog wordpress.org baru saya.

A. Cara Daftar di Google Analytics

1. Kunjungi situs Google Analytics.
2. Jika Anda belum mendaftar sebelumnya, klik Sign Up Now
3. Lengkapi data-data blog Anda seperti: URL, Account Name, Time Zone Country/Territory, Country and Time Zone, selanjutnya klik tombol Continue.
General Info
 
4. Langkah selanjutnya anda harus mengisi kontak informasi seperti: First Name, Last Name, Phone Number and Country. Klik lagi tombol Continue.
Contact information
5. Centang pada tulisan Yes, i agree to the aboves terms and conditions dan klik Create New Account >>, muncul tampilan baru seperti ini:
Tracking code
6. Copy kode yang ada seperti pada gambar di atas. Kode inilah yang akan Anda sisipkan di theme blog wordpress Anda.

B. Cara pasang kode google analytics

 
1. Dengan menggunakan windows atau tab baru, Login ke blog Anda.
2. Pada Appearance, klik Editor.
3. Klik Footer.php. Cari tag body.
Footer php
4. Paste kode Google Analytics di sebelah atas tag body.
Edit footer
5. Klik Update File.
6. Kembali ke Google Analytics, klik Finish. Anda akan dibawa menuju dasbor google analytics. Sekarang anda sudah bisa melihat profil blog anda, tetapi status pelacakannya belum aktif.
 
 

C. Cara mengaktifkan sistem tracking google analytics

1. Klik Edit (yang dilingkari pada gambar di bawah).
Blog profiles edit
2. Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini, pesan yang timbul ”Tracking Not Installed”. Klik pada ”Check Status” request agar google analytics mengunjungi blog dan memeriksa kode google analytics yang baru saja anda paste pada theme blog anda.
Check status
3. Jika proses paste Kode sukses, maka google analytics akan mengindex atau melakukan tracking semua isi blog anda. Biasanya butuh waktu 1 jam untuk tracking blog anda. Gambar di bawah menjelaskan proses tracking blog. Angka 1= tracking, dan 2 = sukses di-tracking.
Profiles
Demikianlah cara-cara memasang Google Analytics di wordpress. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkannya.(blogdolar.com)

1 komentar:

  1. makasih kunjungannya ya mas, sudah saya kunjungi blog anda

    ReplyDelete

Pengunjung yang baik akan selalu meninggalkan komentar.