APAKAH ITU MOTIVASI?

Definisi Motivasi menurut Richard Denny yaitu:
Motivasi adalah : menggerakkan orang-orang untuk melakukan sesuatu sebab mereka sendiri ingin melakukannya. Jadi motivasi diperlukan oleh orang / pribadi untuk membangkitkan kemauan dan kemampuan dalam mengerjakan sesuatu dalam mencapai tujuan. Motivasi berkaitan sangat erat dengan kemampuan, sehingga orang mengatakan ada kemampuan yang terkandung di dalam pribadi orang yang penuh motivasi. Dasar bagi segala motivasi adalah adanya harapan untuk mencapai suatu tujuan baik tujuan pribadi maupun tujuan organisasi.
Jadi pribadi yang termotivasi adalah pribadi yang mau melakukan sesuatu dengan ikhlas, rela tanpa ada perasaan tertekan dan paksaan dalam melakukan suatu tugas atau pekerjaan. Pribadi akan termotivasi jika melihat adanya suatu harapan untuk menggapainya, mustahil orang termotivasi tanpa memiliki arah dan tujuan yang jelas dari suatu pekerjaan. Motivasi dilihat dari persepektif harus mencirikan 2 motivasi yaitu:

  1. Motivasi berdasarkan sikap
Yaitu : keyakinan diri mereka, sikap mereka terhadap kehidupan positif maupun negative. Motivasi berdasarkan sikap yaitu bagaimana mereka bereaksi terhadap kejadian atau masalah yang akan terjadi , sedang terjadi dan peristiwa yang sudah terjadi. Mereka mempunyai keyakinan bahwa sikap dan tidakan yang mereka lakukan benar.

  1. Motivasi berdasarkan Imbalan (Insentif)
Yaitu:  ketika seseorang atau suatu kelompok meraup imbalan dari suatu aktifitas yang dikerjakan mencapai hasil yang di harapkan. Ada beberapa insentif yang terbesar yang dapat kita peoleh adalah :
-         kebahagiaan
-         Pengakuan
-         Uang
Terdapat perbedaan mendasar dalam memotivasi diri atau organisasi dengan memotivasi berdasarkan manipulasi. Karena motivasi berdasarkan manipulasi adalah : bersikap sedemikian rupa sehingga seseorang mau tidak mau harus melakukan sebab anda menginginkannya. Dengan kata lain orang mau melakukan pekerjaaan karena unsur keterpaksaan saja. Dan diatas segalanya, pribadi yang termotivasi adalah pribadi yang positif, yaitu : pribadi yang memperlihatkan kararakteristik –karakteristik mengenai sikap yang :
-         positif
-         termotivasi oleh suatu tujuan
-         diharapkan membuahkan hasil
Semuanya itu gilirannya akan membangkitkan energi positif pribadi yang akan menggerakan diri mencapai tujuan pribadi. Sudahkah anda termotivasi hari ini?

0 komentar:

Post a Comment

Pengunjung yang baik akan selalu meninggalkan komentar.