MORATORIUM TKI KE ARAB SAUDI

Demi menanggapi berita kasus di pancungnya TKW di Arab Saudi Ruyati hari ini SBY dan menakertrans akhirnya mengeluarkan perintah moratorium atau penghentian pengiriman TKI ke Arab Saudi sampai perjanjian baru . TKI yang bekerja di luar negeri memang rentan menerima siksaan dari majikan karena kesan dilindungi pemerintah tak terlihat. Pemerintah lalai warganya yang menjadi TKI . Cerita miris diungkapkan rekan Ruyati sesama TKI mereka bingung mau mengadu kemana jika bermasalah, KBRI jauh ditelepon pun tidak pernah diangkat. Yang jadi pertanyaan apa kerja KBRI disana?
Kisah Ruyati ini puncak dari masalah pengiriman TKI yang amburadul tanpa dibekali keterampilan bekerja dan bahasa yang memadai seolah membiarkan TKI berjuang sebatang kara. Kalau boleh jujur yang lebih kejam dari perlakuan majikan di Arab Saudi adalah PJTKI dan DEPNAKERTRANS yang dengan tanpa beban mengirim TKI bermasalah dalam keterampilannya ini.Belum lagi sistem rekrutmen yang salah. Penampungan TKI yang tak manusiawi yang kadang mengisolasi calon TKI dengan lingkungannya . Hal ini diperparah dengan adanya manipulasi data seperti memudakan umur TKI. Kemungkinan banyak majikan yang kecewa dengan kualitas TKI kita sehingga menjadi penyebab awal jonflik. Semoga tidak ada Ruyati- Ruyati lain setelah ini. Sekarang tinggal penilaian anda .

6 komentar:

  1. Semoga dengan adanya moratorium ini maka kekerasan terhadap para TKI bisa dihilangkan dan TKI bisa hidup sejahtera

    ReplyDelete
  2. Semoga pemerintah cepat sadar memperbaiki sistem yang selama ini terbukti buruk dan lebih memihak ke TKI karena merupakan aset bangsa juga.

    ReplyDelete
  3. People generally have this notion that loosing weight through just diet pill will be easy, but that's not so. Diet pill works well if a person consumes low-fat diet and has a habit of working out regularly. Simply popping diet pill and waiting for miracle to happen within weeks or months will only give you pain. Loosing weight is slow process that requires time and commitment, but then you really feel proud about yourself when you see yourself in the mirror and say, "Is this me."

    ReplyDelete

Pengunjung yang baik akan selalu meninggalkan komentar.