AYO DUKUNG MORATORIUM TKI

Dukung dengan ketik dukung spasi kirim ke…. Tetapi bukan itu yang perlu dilakukan terhadap moratorium TKI. Mari coba berpikir cerdas dengan menganalisa dikeluarkan moratorium tersebut. Moratorium dari Presiden SBY perlu kita dukung karena berhubungan dengan harkat dan martabat bangsa di mata dunia Internasioal. Alasan saya sederhana sih karena saya iba sekali melihat TKI yang di istilahkan illegal tersebut dipulangkan kembali ke Indonesia terutama dari Malaysia. Dipulangkan dengan kapal seadanya yang jauh dari layak , mengenakan pakaian yang hanya melekat dibadan. Belum lagi banyak yang dipenjara entah berapa bulan dengan mendapat siksaan. Terlebih TKW tak jarang di perkosa , dijual bahkan yang lebih menyedihkan pulang dalam keadaan hamil bahkan yang membuat miris adalah pernah saya melihat TKW di pulangkan dalam keadaan hamil dan linglung, bayangkan dari kenyataan tersebut bagaimana mungkin kita sebut TKI tersebut mau berhasil? Wong duit untuk pulang saja tak punya. Sudah berapa puluh atau ratus ribu TKI yang bernasib begitu jadi kalau dihitung sudah berapa ribu keluarga yang menanggung deritanya. Mungkin bangsa kita sudah nggak dilihat lagi oleh orang Malaysia. Mereka melihat orang Indonesia sebagai gelandangan, pelacur, penjahat yang meresahkan Malaysia. Saya saja yang melihat merasa sakit hati dan sedih, gimana orang dan keluarga yang merasakan. Makanya aksi anti Malaysia timbul karena memang perlakuan tak manusiawi tersebut salah satu sebabNya.

Tetapi disini kesatuan sikap kita sangat diharapkan. Bagaimana pendidikan kita bisa menghasilkan sumber daya manusia yang terampil dan berkualitas. Bagaimana mengundang investor menanamkan investasi yang diharapkan dapat membuka banyak lapangan kerja. Lapangan kerja memang jalan keluar yang realistis yang akan menjadi solusi menyerap pengangguran kita. Meningkatkan kualitas produk local. Hal ini akan menimbulkan kebanggaan memakai produk dalam negeri. Selama ini yang terjadi adalah memaksakan memakai produk dalam negeri yang harganya relative mahal dibanding dengan kualitasnya.  Sudah saatnya pemerintah mengeluarkan aturan dan program yang mengarah dan diarahkan pada kualitas pencapaian bukan hanya lips service belaka. Untuk yang berambisi jadi TKI ya di pertimbangkan lagi karena mengadu nasib di negeri orang besar resikonya, apalagi yang tak berdokumen sama saja cari mati karena bias any bila sedang bekerja kita tidak apa-apa tetapi jika kontrak kerja telah habis akan di usir bagai anjing. Mari kita bangun bangsa dan negeri kita yang indah ini. Mencari nafkah di negeri sendiri jauh lebih bermartabat dari pada menyusahkan di negeri orang. Bagaimana pendapat anda?

1 komentar:

  1. Setuju mas, perlakuan orang Malaysia memang udah kelewatan. Mari kita bersatu menggalang kekuatan. Untuk tegaknya Indonesia. merdeka.

    ReplyDelete

Pengunjung yang baik akan selalu meninggalkan komentar.